Perkembangan Sensor Komputer

Hardware yang kita kenal selama ini hanya terbagi tiga bagian yaitu input, proses dan output. Sedangkan peralatan penting yang dibutuhkannya telah mengalami penambahan sesuai dengan kebutuhan yang dapat meringankan pekerjaan manusia. Selain itu sebuah peralatan input dan output kini telah ada yang menjadi satu dalam sebuah peralatan, misalnya modem dan ethernet card. Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, peralatan input kini telah ada yang menggunakan sensor gerak dan sensor suara, seperti sensor sidik jari/telapak tangan, sensor gerak dan sensor suara (voice). Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini



keterangan gambar

CPU pertama kali dimasukkan dengan data atau sintruksi melalui input device atau sensor atau video atau kamera. Lalu data atau informasi tersebut diolah CPU dan akan dihasilkan informasi yang dikeluarkan melalui output device yang akan digunakan sebagai laporan. Jika data yang dimasukkan melalui medem dan telah diolah melalui CPU, hasilnya akan dikeluarkan dapat melalui meodem itu sendiri atau dengan output device yang lain. Begitu pula jika data yang dimasukkan melalui ethernet itu sendiri atau melalui output device yang lain.

CPU yang pada awalnya hanya dapat dimasukkan melalui input device dan dikeluarkan output device dengan alat yang berbeda, kini input dan output dapat dilakukan dengan satu alat input juga dapat dilakukan dengan peralatan yang canggih, yaitu dengan peralatan yang menggunakan sensor. Mislanya, jika ingin memasuki suatu ruang yang pintunya ditutup dengan menggunakan cara elektronik yang dikontrol dengan komputer, anda cukup meletakkan jari (ibu jari) atau telapak tangan pada alat sensor untuk mendeteksinya atau dapat pula menggunakan kartu elektronik dengan cara menggesek kartu tersebut, sehingga anda tidak perlu lagi menggunakan anak kunci untuk membuka pintu tersebut. Kartu kini telah banyak digunakan pada perkantoran-perkantoran yang membutuhkan pengamanan tingkat tinggi, biasanya dilakukan pada perbankan yang sangat menjaga kerahasiaan para pelanggannya.

Begitu pula pada sensor suara, anda cukup mengucapkan kata kunci, mislanya "komputer on" komputer akan menyala sesuai dengan gelombang suara yang telah dimasukkan atau direkan sebagai kata kunci. Untuk komputer masa depan, penggunaan jari tangan dengan cara mengetik dengan menggunakan keyboard untuk memasukkan data akan dikurangi dengan adanya sensor tersebut.

Dengan perkembangan komputer yang begitu pesat, kini produknya dari beberapa produsen telah menggunakan cara kerja komputer tersebut, misalnya salah satu produsen mobil di Perancis menggunakan sensor kamera pada dua sisi depan dan dua sisi belakang mobil, sehingga mobil tersebut dapat berjalan tanpa dikendarai oleh seorang pengendara. Alat ini pengamanan pada rumah atau gedung, sehingga rumah atau gedung tersebut dapat dikontrol setiaip saat tanpa harus banyak tenaga pengamananyang berlalu lalang untuk mengontrol rumah atau gedung tersebut. Bahkan salah satu produsen telepon selular sudah menggunakan sensor suara (voice), sehingga konsumen tidak perlu lagi menekan tombol-tombol angkan untuk menyambungkan telepon tersebut, cukup dengan mengatakan angka-angka yang dikehendaki dengan suara yang telah direkam pada telepon selular angka-nagka yang akan dituju.

No comments:

Post a Comment

Spam comment will be deleted...!!