Membuat Judul Algoritma

Judul algoritma adalah bagian yang terdiri atas nama algoritma dan penjelasan (spesifikasi) tentang algoritma tersebut. Nama algoritma sebaiknya singkat namun cukup menggambarkan apa yang dilakukan oleh algoritma tersebut. Di bawah nama algoritma disertai dengan penjelasan singkat (intisari) tentang apa yang dilakukan oleh algoritma. Penjelasan di bawah nama algoritma sering dinamakan juga spesifikasi algoritma. Algoritma harus ditulis sesuai dengan spesifikasi yang didefinisikan.

Contoh beberapa judul algoritma, misalnya:

Algoritma LUAS_LINGKARAN {judul algoritma}
( Menghitung luas lingkaran untuk ukuran jari-jari tertentu. Algoritma menerima masukan jari-jari lingkaran, menghitung luasnya, lalu mencetak luas lingkaran ke piranti keluaran {spesifikasi algoritma}


Algoritma KONVERSI_JAM

( Mengkonversikan nilai sebuah jam (format hh:mm:ss) ke dalam jumlah detik. Masukan jam dibaca dari papan kunci. Jumlah detik ditampilkan ke piranti keluaran)

Catatan:

Di dalam artikel ini, saya menuliskan nama algoritma dalam huruf besar dan menggunakan tanda "_" (underscore) untuk memisahkan antar kata. Huruf besar dan tanda "_" bukan keharusan. Anda dapat menulis nama algoritma sebagai LuasLingkaran. Luas_Lingkaran, atau LUAS_Lingkaran. Sebaiknya tidak menggunakan spasi (" ") untuk memisahkan antar kata di dalam nama algoritma. Ini ada manfaatnya, terutama untuk judul program dalam bahasa Pascal.

Semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment

Spam comment will be deleted...!!