Klasifikasi dan Kegunaan Komputer

Komputer berasal dari kata to compute, yaitu hitung. Jadi pada awalnya komputer hanya digunakan sebagai alat hitung, namun perbedaan yang mendasar dengan kalkulator adalah bahwa komputer mempunyai logika untuk berhitung, sedangkan kalkulator tidak. Sesuai dengan perkembangan zaman, komputer digunakan manusia untuk memproses pemecahan masalah. Dengan demikian, komputer bukan alat untuk memproses saja, tetapi komputer sebagai alat pendukung untuk meringankan masalah karena alat tersebut memiliki kecepatan operasional, kemampuan menyimpan memori, dapat dipercaya dan menghemat biaya. Komputer membantu pekerjaan manusia dalam kegiatan antara lain:

Penanganan data dalam jumlah besar, seperti perhitungan sensus dan laporan lain dalam suatu negara.
Contohnya: sensus di Amerika Seikat dilakukan dengan tangan membutuhkan waktu tujuh setengah tahun. Dengan mesin tabulasi mesin berlubang (punched Card Tabulating machine) yang dibuat oleh Herman Hollerith membutuhkan waktu dua setengah tahun, dan mesin ini dapat menghemat biaya sebesar lima juta dollar.

Melaksanakan tugas-tugas rutin yang bersifat berulang-ulang, seperti perhitungan laporan bulanan suatu perusahaan.

Operasional ditempat-tempat yang tidak dapat dijangkau manusia seperti robot yang dikontrol oleh komputer untuk misi di daerah yang penuh dengan ranjau atau dalam perjalanan antariksa tanpa awak.

Perhitungan dengan kecepatan yang tinggi, seperti perhitungan matematika yang rumit

No comments:

Post a Comment

Spam comment will be deleted...!!