Cara Melindungi Jaringan

Banyak cara untuk melindungi sistem jaringan. Mulai dari pemasangan Firewall, pemasangan antivirus di lingnkungan Client & server, hingga penerapan kebijakan penggunaan komputer yang ketat. Salah satu sumber timbulnya celah keamanan mungkin bukan berasal dari sisi luar semata, melainkan juga dari sisi dalam jaringan itu sendiri.

Pemakaian yang sembrono oleh pengguna komputer yang terhubung ke jairngan seperti memberitahukan Password komputer kepada orang lain yang tidak berhak, merupakan salah satu penyebab timbulnya celah keamanan di jaringan tersebut.

Salah satu cara untuk menghinfari penggunaan komputer p;ej prang yang tidak berhak adalah dengan cara melindungi komputer atau host yang terhubung ke jaringan dengan sistem identifikasi pengguna. Dengan cara ini, hanya pengguna komputer / host yang diizinkan saja yang dapat menggunakan komputer / host yang terhubung ke jaringan tersebut.

Sistem Password saat ini sudah mulai ditinggalkan karena sistem tersebut mudah dijebol. Antara lain karena kelepasan berbicara atau tidak tahan dengan bujuk rayu pacar untuk menggunakan komputer / Host anda, sehingga anda memberikan Password-nya.

Sistem yang lain adalah dengan menggunakan smart-card. Smart-card adalah semacam kunci yang harus dibawa oleh sang pengguna komputer agar komputernya dapat dijalankannya. Tanpanya, komputer mungkin dapat dinyalakan tetapi tidak akan dapat digunkaan. Kelemahan smart-card tersebut yaitu dapat hilang.

Untuk itu maka para ahli keamanan mebuatkan sistem pengamanan dengan kunci yang selalu dapat anda bawa dan tidak mungkin ketinggalan, yaitu tubuh anda sendiri. Sistem pengamanan dengan menggunakan tubuh manusia ini dinamakan sebagai sistem biometrik. Teknologi ini menjadi alat identifikasi dan verifikasi berdasarkan karakteristik tubuh, dan software sebagai sarana informasi tersebut.

Keamanan jaringan saat ini memiliki tingkat urgensi yang sangat tinggi. Penggunaan metode Login biasa (memasukkan nama user untuk identifikasi dan verifikasi yang dapat diandalkan saat ini dan masa depan.

1 comment:

Spam comment will be deleted...!!