SMTP (Simple Mail Transport Protocol)

Sebuah studi pada 1991 menunjukan bahwa separuh hubungan TCP adalah SMTP. Walaupun presentasenya saat ini turun karena perkembangan WWW yang cepat sejak 1994. Aplikasi ini adalah salah satu layanan internet yang paling banyak digunakan. E-mail terkenal karena memberikan cara yang mudah dan cepat dalam pengiriman informasi. Selain itu juga dapat melayani catatan kecil sampai file yang ukurannya besar.

Pemakai di terminalnya berhubungan dengan user agent (UA). Pertukaran mail menggunakan TCP dilakukan oleh Message Transport Agent (MTA). MTA yang paling umum untuk Unix adalah sendmail. Pemakai awam tidak berhubungan dengan MTA ini, karena MTA merupakan tanggung jawab administrator untuk mengatur MTA lokal.

Komunikasi antara dua MTA menggunakan NVT ASCII. Perintah dikirim oleh client ke server dan server merespon dengan kode balasan numerik dan beberapa string yang dapat dibaca (hal ini mirip dengan FTP). Perintah yang dikirim oleh client ke server jumlahnya kurang dari 12 bandingkan dengan FTP yang memiliki lebih dari 40 perintah.

Email terdiri atas tiga komponen, yaitu:

Envelope
Digunakan oleh MTA untuk pengiriman. Envelope ditandai dengan dua buah perintah SMTP, yaitu:
Mail From : site2207@email.com
RCPT To : site2207@hotmail.com

Isi dan interpretasi dari envelope SMTP ditentukan di RFC 821. RFC ini juga menentukan protokol yang digunakan untuk mengirim mail melalui hubungan TCP.

Header
Digunakan oleh user agent. Setipa field header (received message-id, form date, reply-to, dll) berisi sebuah nama yang diikuti oleh sebuah titik dua (dan nilai dari field header tersebut. Format dan interpretasi atas field header ini ditentukan oleh RFC 822. Field header yang panjang, seperti received, akan dilipat ke dalam beberapa perintah dengan ditambah sebuah spasi kosong didepannya.

Body
Merupakan isi pesan dari pengirim ke penerima. Dalam RFC 882 disebutkan bahwa body ini merupakan baris-baris dalam bentuk teks NVT ASCII. Setiap baris yang dikirim menggunakan perintah DATA, tidak boleh melebihi 1024 byte.

No comments:

Post a Comment

Spam comment will be deleted...!!