Sejarah perkembangan Bahasa komputer generasi kelima

Bahasa generasi kelima adalah bahasa pemrograman yang digunakan pada expert system. Expert system dibuat untuk memudahkan seseorang programmer dalam membuat suatu program seperti layaknya seorang pakar sistem. Contohnya LISP dan Prolog. Sejalan dengan kebutuhan manusia, dibuatlah program-program lain yang siap digunakan (program paket). Prgram paket ini dibuat untuk memudahkan pengguna komputer dalam menyelesaikan tugas-tugasnya.

Adapun program yang digunakan masih under DOS, atau dijalankan dengan menggunakan sistem operasi DOS (Disk Operation System). Program paket tersebut antara lain: Program spreadsheet, seperti Lotus 123. Program wordprocessing, seperti Wordstar dan Word-perfect. Program database, seperti Dbase III dan Dbase IV.

Selain program-program tersebut, dibuatlah suatu program yang ditujukan sebagai program bantu untuk menanggulangi beberapa kerusakan file-file yang terdapat pada media penyimpanan. Program tersebut dikenal dengan nama program utility, seperti Norton Utility. Dengan adanya program utility ini, pengguna komputer tidak perlu bingung dalam menyelesaikan masalah yang timbul baik disengaja maupun tidak, misalnya, adanay kerusakan pada media file yang tersimpan pada media penyimpanan, menyelamatkan file yang terhapus dengan sengaja atau tidak, menggabungkan dua file atau lebih, memindahkan file antara disk yang satu ke disk yang lain, mengurutkan isi file dan lain-lain yang tidak dapat dikerjakan pada program paket, sehingga dengan adanya program utility ini para pengguna dapat menangani masalah yang timbul seperti layaknya seorang ahli di bidang komputer.

Bahkan program utility ini telah dikemabngkan pemakaiannya untuk menangani masalah yang ditimbulkan oleh perangkat keras dan peralatan lain diluar komputer, seprti kendaraan bermotor. Program utility ini dapat manangani masalah seperti kerusakan media penimpanan pada komoputer, memeriksa pernagkat tersebut apakah kondisinya baik atau tidak, memeriksa kerusakan pada mesin mobil atau motor, memeriksa peralatan pada mesin pabrik dan lain-lain.

Pada 1980-an merupakan era penggunaan komputer, dengan diciptakannya program Windows 3.1 oleh Bill Gates berkebangsaa Amerika, di bawah naungan perusahaaan Microsoft Corporation. Pembuatan program Windows 3.1 merupakan era dimana orang-orang dapat menggunakan program komputer dengan mudah dan dapat menggunakan dua, tiga atau lebih program sekaligus dalam satu waktu atau yang dikenal dengan multitasking. Program Windows 3.1 disempurnakan dengan dikeluarkannya program windows 3.11 yang mana dalam program tersebut ditambahkan fasilitas untuk keperluan jaringan. Program Windows 3.1 dan 3.11 masih menggunakan sistem operasi DOS.

Tahun 1990-an perusahaan Microsoft mengeluarkan program baru hasil dari pengembangan program Windows versi sebelumnya, dengan nama Windows 95. Dengan dikeluarkannya program tersebut, komputer telah memsasukibabak baru program yang lebih interaktf dan lebih kompleks penggunaannya. Sejalan dengan waktu yang disempurnakan terus program Windows menjadi Windows 87 (95B), 98 dan 98

SE (Second Edition), 2000, 200 ME (Millenium Edition) dan kini telah ada program Windows XP atau pengembangan dari program Windows 2000 ME. Penyempurnaan program Windows ini dimaksudkan untuk memudahkan dan mempercepat pekerjaan orang-orang yang bekerja dengan jaringan intranet, internet dan program multimedia.Sejalan dengan perkembangan jaringan komputer atau yang dikenal dengan dengan LAN, dibuatlah sistem operasi UNIX, Novel Netware seperti Novell Netware3.51, Novell Netware 4.0 dan Novel Netware 5.0 dan Windows NT (Network) Server serta Windows NT Workstation. Contohnya Windows NT 4.0 , Windows NT 2000. Pembuatan program berbasis jaringan dimaksudkan untuk mempermudah pengguna
komputer (user) dalam menjalankan dan mengelola sumber daya komputer berbasis jaringan.

Seiring dengan penggunaan program Windows 95, perangkat lunaak untuk pembuatan program juga mengalami prubahan dari bentuk yang sulit pembuatannya hingga menjadi prgoram yang mudah pembuatannya. Pembuatan program dengan cara ini disebut Object Oriented Programming (OOP), atau program yang berorientasi pada objek atau gambar, kini sudah dapat menggunakan gambar sebagai tombol atau disebut icon. Dengan adanya OOP ini, para programmer menjadi lebih mudah untuk membuat program dan mengembangkan program terdahulu, sehingga kini terdapat program Visual Basic, Borland Delphi, Visual foxpro, visual Dbase, Visual C dan lain-lainnya.

Bahkan dalam prgoram Windows 98 dengan program internet Explorer versi 4.0 atau Windows 2000 atau yang terbaru dengan program Internet Explorer 5.0 telah disediakan fasilitas untuk membuat meeting atau pertemuan melalui internet, yaitu dengan fasilitas Microsoft NetMeeting. Dalam program tersebut juga disediakan fasilitas untuk berhubungan langsung dengan orang lain dari tempat yang jauh, bahkan antarnegara memlalui internet, yaitu dengan fasilitas Microsoft Chat. Selain itu, program yang baru ini sangat baik untuk program multimedia dan diberikan beberapa tambahan untuk mendeteksi hardware yang digunakan secara cepat dan otomatis.

No comments:

Post a Comment

Spam comment will be deleted...!!