Pengamanan Komputer dari Faktor Telekomunikasi

Kerusakan komputer dari faktor telekomunikasi adalah rusaknya data dan disadapnya data oleh pihak lain. Untuk data yang rusak dapat dilakukan pengiriman kembali data tersebut, namun bagaimana mengatasi penyadapan data? untuk mengatasi penyadapan data, di bawah ini dapat dilakukan beberapa teknik untuk mengatasi penyadapan data, antara lain :

1. Check Digit
Teknik pemeriksaan data apakah data yang disimpan tersebnut sah atau tidak. Teknik check digit menggunakan modulus menjumlahkan dari seluruh karakter, lalu dibuatkan modulus bilangan tersebut, bilangan pembagi pada teknik pemeriksaan ini adalah bilangan prima (bilangan yang hanya habis dibagi oleh bilangan 1 atau bilangan itu sendiri). Teknik check digit biasanya ditambahkan pada akhir data yagn dimasukkan. Penggunaan teknik ini biasanya untuk menyimpan NIM (Nomor Induk Mahasiswa), nomor account bank, nomor kartu kredit, dan lain-lain.

2. Enkripsi / Deskripsi
Enkripsi, yaitu teknik pemeriksaan dengan cara mengkodekan kemabli data yang akan dikirim keluar dari komputer, sehingga orang yang tidak berwenang tidak dapat membaca data tersebut.

Deskripsi, yaitu teknik pemeriksaan dengan cara mengembalikan data yang telah dikodekan melalui teknik enkripsi.

3.Check Sum
Teknik pemeriksaan data dengan cara menjumlahkan seluruh karakter yang dikirim atau disimpan, lalu dibuatkan modulus bilangan tersebut.

4. Parity /paritas
Teknik pemeriksaan data untuk mendeteksi apakah data yang dikirim atau disimpan dalam tempat penyimpanan data telah berubah atau tidak.

Teknik pemeriksaan parity dapat digunakan pula untuk pengiriman data melalui modem (internet). Adapun cara pemeriksaan dengan teknik ini dilakukan dengan cara penambahan sebuah bit (paritiy bit) pada bit pertama. Teknik parity / paritas terbagi dua, yaitu:

Even Paritiy (paritas genap)
Apabila paritas pertama genap, paritas bit akan diberi nilai 0, Apabila paritas pertama ganjil, paritas bit akan diberi nilai 1. Bila jumlah bit pertama dari data yang diterima ganjil, data tersebut telah berubah.

Odd Parity (paritas ganjil)
Apabila paritas pertama ganjil, paritas bit akan diberi nilai 0. Apabila paritas pertama genap, paritas bit akan diberi nilai 0. Bila jumlah bit pertama dari data yang diterima genap, maka data tersebut telah berubah.

5. Kompresi
Teknik pemampatan file. Banyak metode untuk memampatkan file, antara lain ASCII, Lempel-Ziv, Huffman dan lain-lain. Metode ASCII digunakan pada file berbentuk teks dan dilakukakn dengan cara menghilangkan bit ke-8 pada setiap bytenya. Pada metode ASCII setiap bit ke-8 dari setiap bytenya bernilai 0. Dari semua memtode di atas, metode huffman dipandang paling baik.

Kini anda tidak perlu lagi dipusingkan dengan teori kompresi di atas, karena program file kini telah banyak dipasaran, antara lain Pkzip dan PkUnzip, ARJ, DEARJ, Lharc, Winzip dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment

Spam comment will be deleted...!!