Pemrograman Prosedural

Algoritma berisi urutan langkah-langkah penyelesaian masalah, in berarti algoritma adalah proses yang prosedural.

Definisi prosedur menurut kamus besar bahasa indonesia (KBBI).

Prosedur :
1. Tahap-tahap kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas.
2. Metode langkah demi langkah secara eksak dalam memecahkan suatu masalah (KBBI 1988).

Pada pemrograman prosedural, program dibedakan antara bagian data dengan bagian instrukssi. Bagian instruksi terdiri atas runtutan (sequence) instruksi yang dilaksanakan satu per satu secara berurutan oleh sebuah pemroses. Alur pelaksanaan instruksi dapat berubah karena adanya pencabangan kokndisional. Data yang disimpan di dalam memori dimanipulasi oleh instruksi secara beruntun. Kita katakan bahwa tahapan pelaksanaan program mengikuti pola beruntun atau prosedural. Paradigma pemrograman seperti ini dinamakan pemrograman prosedural.

Bahasa--bahasa tingkat tinggi seperti Cobol, basic, Pascal, Fortran dan C mendukung kegiatan pemrograman prosedural, karena itu mereka dinamakan juga bahasa prosedural.

Selain paradigma pemrograman prosedural, ada lagi paradigma yang lain yaitu pemrograman berorientasi objek (object oriented programming atau OOP). Paradigma pemrograman yang disebutkan terakhir ini merupakan trend baru dan sangat populer. Pada paradigma OOP data dan instruksi dibungkus (encapsulitation) menjadi satu.

Kesatuan ini dalam objek hanya dapat diakses oleh instruksi yang ada di dalam objek itu saja. Paradigma pemrograman yang lain adalah pemrograman fungsional, pemrograman deklaratif dan pemrograman konkuren.

No comments:

Post a Comment

Spam comment will be deleted...!!