Monitor

monitor
Monitor adalah alat yang digunakan untuk mengobservasi, mengawasi , mengontrol atau melakukan verifikasi pada operasi suatu sistem atas kebenaran operasi suatu program selama pelaksanaannya, contoh monitor CRT yaitu TVM, Acer, Sony, Philips dll.

Monitor merupakan sebuah layar yang menggunakan cathoda ray tube (CRT), walaupun pada saat sekarang ini sudah banyak yang memakai monitor jenis LCD tetapi masih banyak juga yang memakai monitor jenis CRT ini, disamping harganya yang cukup murah, perawatannya juga tidak terlalu mahal dan sulit.

Cathoda Ray Tube (CRT) adalah sebuah tabung yang memancarkan sinar kathoda, monitor sangat dibutuhkan untuk sebuah PC sebagai tampilan tentang apa yang telah kita kerjakan dan sebagai penunjuk susatu sistem operasi program. Monior dapat pula disebut video display. Alat ini sebagai syarat minimal sebuah PC, disamping keyboarad dan CPU.

Dari sudut pandang tampilan

Alpha numeric display
monitor ini digunakkan untuk menampilkan karakter teks. Tampilan gambar masih beberntuk matriks untuk masing-maing posisi karena tiap-tiap sel dari baris dan kolom hanya terdiri daru beberapa pixel (titik-titik yang menciptakan gambar pada monitor), sehingga gambar yang ditampilkan kurang halus. Memiliki 25 baris dan 80 kolom.

Graphic Display
Monitor ini dapat digunakan untuk menampilkan grafik dan gambar. Tampilan gambar yang dihasilkan lebih baik, karena pixel lebih banyak dan padat. Memiliki 200 baris dan 640 kolom.


Dari sudut pandang warna

Monochrome display
Monitor ini hanya terdiri dari dua warna, yaitu hitam atau hijau atau orange dan putih. Tampilan gambar kurang baik karena masih tampak patahan pada suatu garis melengkung.

Color display
Monitor ini sudah menggunakan tiga sinar elektron yang terpisah, yaitu merah, biru dan hijau. Warna-warna tersebut dapat disatukan menjadji kombinasi warna sesuai dengan warna yang ditampilkan. Tampilan gambar dan teks yang dihasilkan dapat berwarna sesuai dengan aslinya atau sesuai dengan keinginan anda. Harganya lebih mahal dibandingkan dengan monitor monochrome.

Color display terbagi menjadi beberapa jenis, antara lain:

CGA (color display adapter)
Resolusi warna mencapai 320 x 200 pixel. Memiliki 16 warna dan ada yang dapat berkedip-kedip warana tersebut adalah: hitam, hiaju, biru, magenta, cyan, abu-abu, putih, merah, kuning, coklat, biru terang, hijau terang, merah terang, cyan terang, magenta terang, putih cerah. Sudah dapat digunakan untuk grafik dan gambar.

EGA (enhanced graphic array)
Resolusi warnanya mencapai 640 x 350 pixel. Penampilan garis miring lebih sempurna. Monitor jenis ini dapat menampilkan 16 warna sekaligus.

VGA (video display adapter)
Monitor jenis ini menggabungkan teknnologi dari fungsi EGA dan CGA. Resolusi warnanya mencapai 720 x 400 pixel. Kerapatan teks tinggi, sehingga mudah dibaca. Tampilan grafik dan gambar halus, namun masih tampak patahan pada garisnya.

SVGA (super VGA)
Monitor merupakan pengembangan dari monitor jenis VGA. Resolusi warnanya mencapai 1024 x 768 s/d 1600 x 1200 pixel. Tampilan grafik dan gambar lebih baik dari jenis VGA yaitu garisnya tidak terelihat patahan. Monitor jenjis ini baik untuk menampilkan program permainan atau game.

XVGA
Monitor ini merupakan pengembangan dari monitor jenis SVGA. Resolusi warna lebih besar daripada monitor jenis SVGA. Tampilan grafik dan gambar lebih baik dari jenis SVGA, yaitu garisnya tidak terlihat patahan. Monitor ini sangat baik untuk menampilkan jenis program permainan atau game.

No comments:

Post a Comment

Spam comment will be deleted...!!