Magnetic Ink Character Reader (MICR)

micr
Alat ini digunakan untuk mendeteksi tulisan pada kertas khusus yang ditulis dengan menggunakan tinta magnet. Alat ini dibuat dengan maksud sebagai pengamanan atas surat atau dokumen berharga, agar dokumen teresebut sukar untuk dipalsukan.

MICR biasanya digunakan di bank-bank, baik swasta maupun bank pemerintah, yaitu untuk suatu surat resmi dari pihak bank kepada pelanggannya. MICR hanya dapat membaca karakter-karakter yang dituliskan hanya dengan tinta magnet.

Optical Character Reader (OCR)

Alat yang digunakan untuk menginterpretasikan dokumen sumber baik dengan printer maupun dengan pensil yang mempunyai sifat khusus. OCR menggunakan cara penyinaran pada lembar kertas yang telah dicetak dengan menggunakan printer atau pensil yang bersifat khusus, misalnya pensil 2B

OCR dapat diandalkan ketelitiannya, yaitu bila data yang dicetak pada lembar kertas mengalami kesalahan maka data teresebut tidak akan diproses. Alat ini menggunakan teknologi OCR (optical character recognition), yaitu teknologi yang menggunakan sel photoelektrik (photoelectric cell) yang membaca data untuk mengidentifikasikan karakter yang tercetak. dengan oerkembangan teknologi komputer yang kian pesat, kini telah ada Bar Code Reader, yaitu alat untuk membaca tulisan bar code, biasanya digunakan kasir swalayan atau supermarket.

No comments:

Post a Comment

Spam comment will be deleted...!!