Keyboard

keyboardalat ini digunakan untuk memasukkan data atau informasi atau membuat kode berdasarkan penekanan tombol-tombol kunci. keyboar yang ada selama ini terdiri dari dua jenis, yaitu jenis QWERTY dan jenis DVORAK. Namun yang banyak digunakan dan dikenal sekarang ini adalah dari jenis qwerty.

Jenis qwerty ini dapat anda lihat pada keyboard yang sekarang anda gunakan, pada tombol-tombol huruf yang diurutkan dari kiri ke kanan akan tampak huruf qwerty. peralatan ini sangatlah penting penggunaannya, sehingga setiap PC atau laptop harus mempunya peralatan ini dan menjadi standar minimal sebuah PC selain monito dan CPU.

Dengan pertumbuhan teknologi yang pesat, kini keyboard dapat digunakan bersamaan dengan perangkat lain pada satu jalur masukan. Teknologi ini disebut juga teknologi USB atau yang lebih canggihnya yaitu wireless. (Universal Serial Bus), sehingga anda dapat menggunakan keyboard bersama dengan perangkat yang lain dalam satu port. Demikian pula pada keyboard yang biasa kita gunakan terdiri dari dua jenis, yaitu keyboard standar dan PS/2.

Perbedaan keduanya adlaah pada jack penghubung ke CPU. Perbedaan keduanya adalah pada jack penghubung ke CPU, yaitu pada keyboard jenis standar lingkarannya lebih besar dibandingkan dengan jenis PS/2. keyboard yang digunakan sekarang adalah hasil pengembangan dari keyboard jenis IBM elektrik. Namun untuk keyboard jenis PC dengan keyboard jenis laptop atau Notebook mempunyai perbedaan. Adapun perbedaan antara keyboard jenis PC dan laptop tersebut, antara lain :

Pada jenis PC keyboard-nya berjumlah 101-102 tombol dan pada jenis laptop terdiri dari 82-83 tombol.

Pada keyboard laptop terdapat tombol Fn yang berfungsi sama dengan CRTL, Shift dan Alt pada tyombol keyboard komputer PC. Namun perbedaan tersebut bukanlah hal yang terlalu mencolok karena fungsi dan cara penggunaannya sama saja. beberapa tombol pada keyboard berbeda dari meisn ketik. Perbedaan tersebut antara lain :

Tombol fungsi (F1, F2, F3...F12).
Tombol Crtl (control).
Tombol Esc (Escape).
Tombol Print Screen (Prtscr), sysRq.
Tombol Scroll Lock.
Tombol pause, break.
Tombol insert dan tombol ins.
Tombol Home.
Tombol end.
Tombol delete dan tombol del.
Tombol page up (PgUp) dan tombol page down (PgDn).
Tombol num lock.
Tombol caps lock.
Tombol panah (atas, bawah kiri dan kanan).
Tombol dengan gambar logo windows.
Tombol dengan gambar panah mouse.
Tombol turbo.

keyboard yang digunakan pada komputer PC berbeda dengan keyboard pada komputer macintosh (Mac), ini karena perbedaan pada sistem operasi komputer tersebut, sehingga pada beberapa tombol terdapat perbedaan fungsi disesuaikan dengan fungsi dari sistem operasinya. Salah satunya adalah pada keyboard PC terdapat tombol dengan lambang atau logo pada windows, dan pada komputer macintosh terdapat tombol dengan lambang macintosh (apple). Wlaupun terdapt perbedaan, tombol untuk pengetikan huruf maupun angka sama antara komputer PC dengan macintosh.

No comments:

Post a Comment

Spam comment will be deleted...!!