Berita Untuk Blogger "Pesta Blogger 2009 Digelar di Surabaya"

SURABAYA--Komunitas "Blogger Tugu Pahlawan" siap menyambut "Pesta Blogger 2009" yang akan digelar di Kota Surabaya, Jatim, pada Oktober mendatang. Ketua Panitia Pesta Blogger 2009, Iman Brotoseno di Surabaya, mengatakan, dalam rangka menyambut pesta blogger, pihaknya menggelar kegiatan pengenalan dan pelatihan "blogging blogshop" (blogging workshop) di "American Corner" perpustakaan Universitas Airlangga (Unair), Kamis (10/9).

"Kami bersyukur 'blogshop' yang sebelumnya dilaksanakan di kota-kota berjalan sukses dan kini bisa singgah di Kota Surabaya," katanya. Menurut dia, tujuan diadakannya "blogshops" dengan bertema "One Spirit One Nation" tersebut, adalah untuk mendorong lebih banyak masyarakat Indonesia supaya terlibat dalam aktivitas "blogging" secara bertanggung jawab, konstruktif, kritis dan dengan kesadaran sosial.

"Para peserta bisa bertukar pendapat tentang dunia blog," katanya menjelaskan. Blogshop sendiri, kata dia, terselengara berkat kerja sama antara panitia pesta blogger, Komunitas Blogger Tugu Pahlawan dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia.

Sementara itu, Duta Besar AS untuk Indonesia, Cameron R. Hum, menyatakan bahwa Kedubes AS bangga mendukung dan menjadi sponsor "Pesta Blogger" di Surabaya ini, termasuk juga rangkaian "blogshops". "Kebebasan berpendapat adalah bagian yang tidak terpisahkan dari sistem demokrasi yang berkesinambungan. Indonesia memiliki demokrasi yang kuat dan dinamis, dan perkembangan pesat komunitas blogger mengindikasikan hal tersebut," ujarnya.

Pesta blogger merupakan ajang temu nasional blogger yang pertama kali digelar pada Oktober 2007, dengan tujuan sebagai sarana menyediakan forum bagi para blogger di Indonesia untuk bertemu muka secara langsung, bertukar informasi, membangun diskusi, serta memperluas jaringan. Pada kesempatan tersebut, Menkominfo Muhammad Nuh juga menetapkan tanggal penyelenggaraan pesta blogger tersebut sebagai "Hari Blogger Nasional". (Republika)

No comments:

Post a Comment

Spam comment will be deleted...!!