Belajar Bahasa Pemrograman

Komputer adalah alat bantu untuk menyelesaikan masalah. namun, maslah yang ingin diselesaikan tidak dapat langsung "disodorkan" begitu saja ke komputer. Sebagai contoh, andaikan anda mempunyai data nilai ujian sekumpulan mahasiswa. Anda ingin mengurutkan semua data tersebut dari nilai tertinggi hingga nilai terendah. Misalkan anda ketikkan semua nilai ujian dengan sebuah program pengolah data (word processor) lalu dibawahnya dituliskan perintah kepada komputer untuk mengurutkannya sebagai berikut

30, 27, 66, 45, 81, 63, 951 ..., 67
urutkan dari nilai terbesar hingga nilai terkecil

dan anda menunggu hasilnya. Apakah komputer anda mengerjakan maslah pengurutan tersebut? tentu saja tidak, karena komputer tidak mengerti perintah anda di atas dan tidak tahu bagaimana cara mengurutkan sekumpulan nilai tersebut.

agar komputer dapat menyelesaikan masalah anda, maka anda perlu merumuskan langkah-langkah penyelesaian masalah itu dalam suatu rangkaian instruksi. Komputerlah yang nanti mengerjakan rangkaian instruksi itu dalam suatu rangkaian instruksi tersebut, karena komputer dapat mengerjakannya dengan cepat dan akuratt bahkan berulang-ulang tanpa kenal lelah dan bosan. Sekumpulan instruksi yang merupakan penyelesaian masalah itu dinamakan instruksi-instruksi dinamakan program. Program dimasukkan ke dalam komputer. Komputer mengerjakan instruksi-instruksi di dalam program teresebut, lalu memberikan hasil atau keluaran yang diinginkan.

misalkan program yang berisi rangkaian instruksi untuk mengurutkan sekumpulan data teesbut anda rumuskan kembali sebagai berikut:

langkah 1 : cari nilai terbesar di antara N buah data
langkah 2 : Tempatkan nilai terbesar tersebut pada posisi yang tepat
langkah 3 : Ulangi langkah 1 untuk N - 1 buah data yang lain

Nah, sekarang usaha anda sedikit lebih maju, tetapi komputer tetap belum dapat melaksanakan program di atas karena bahasa yang anda gunakan untuk menulis program tidak dapat dipahaminya. Agar program dapat dilaksanakan oleh komputer maka program tersebut harus ditulis dalam suatu bahasa yang dimengerti oleh komputer. Sebagaimana dalam kehidupan manusia, kita hanya dapat memberikan perintah kepada orang lain dalam bahasa yang ia mengerti.

Misalnya kepada orang Jepang, kita hanya dapat memberikan tugas kepadanya dalam bahasa Jepang (atau bahasa Inggrsi). Karena komputer adalah mesin
, maka program harus ditulis dalam bahasa yang khusus dibuat untuk berkomunikasi dengan komputer. Bahasa komputer yang digunakan dalam menulis program program dinamakan bahasa pemrograman.

No comments:

Post a Comment

Spam comment will be deleted...!!