VolksWagen Golf GTI 2.0T

VolksWagen Golf GTI 2.0TVW Golg GTI MK5 memang bukan barang baru. Namun generasi ke -5 dari pabrikan Jerman ini yang dilansir pertama kali tahun 2003 ini punya gengsi tersendiri di jalanan. Selain populasinya yang cukup langka di jalanan, dalam tubuh atletisnya ini punya banyka kelebihan. Paduan lengkap semua fitur, mulai dari keamanan, kenyamanan, juga performa.

Apa saja kelebihan-kelebihan yang didapat dari VW yang biasa disebut Rabbit dan pocket Rocket ini. Begitu juga soal modifikasi apa saja yang bisa mengoptimalkan gaya dan performa mobil ini. Berikut ulasannya.

Driving Impression

Tampang Golf varian GTI memang terkesan kalem, simpel, sporty dan tak banyak lekukan ekstrim. hanya memang emblem GTI yang menempel di sekita bodi pasti bikin penasaran. Jarak sumbu roda depan belakang sekitar 2.5 m, sedangkan jarak pijak ban kanan-kiri yang sekitar 1.5 m cukup ideal untuk sedan mungil berbobot 1.790 kg ini. Dan buat yang suka gaya sporty, sebenarnya desain bumpernya sudah ciamik. Namun karena bahannya plastik dengan warna hitam, buat yang enggak suka tampilan bodi two tone (warna bodi dan bumper beda) pasti bakal langsung mengecat senada bodi.

Sektor kaki-kaki bawaan mobil sebenarnya sudah cukup cantik kok. Velg palang lima mirip bunga sudah punya spek 18x7 inci. Bannya Bridgestone Potenza 225/40ZR18. Nah, soal pintu, ada dua varian nih. Ada Golf GTI yang 5 pnitu, ada juga yang 3 pintu. Kalau di sebagian Eropa. Varian tiga pintu jadi primadona, sedangkan di Indonesia, varian 5 pintu malah laris manis.

Ruang kabin nyaman nyata terkesan sporty. Ciri kuatnya ada di tiga sektor. Jok semi bucket seat dengan logo GTI yang diembos di jok bagian atas. Setir palang tiganya mantap!, selain sporty karena ada logo GTI di palang bagian bawah, juga dilengkapi kelengkapan tombol pengatur informasi (multi information display) juga pengatur volume suara head unit. Kamu juga enggak perlu cepat-cepat ganti pedal set, karena tampilannya sudah bergaya balap. Tingkat peredaman suara dalam kabinpun nyata baik. Suara mesin 2.0 FSI turbo tak masuk secara intens dalam kabin.

Tenaga yang menyembur dari mesin empat silinder turbo 2.000 cc inipun terasa galak. Akselerasinya masuk golongan responsif, tak ada jeda waktu setelah kaki membejejk habis pedal bergaya aluminium look-nya. Padahal tuas transmisi matik berada dalam posisi D, dimana biasanya perpindahan gigi di beberapa mobil sangat terasa. Ini kelebihan transmisi DSG alias Direct Shift Gearbox, transmisi yang menggunakan kopling gandayang diatur secara elektkronik yang mampu bekerja aktif untuk menghilangkan jeda perpindaha seperti kebanyakan transmisi matik.

Mesin 2.0 yang punya spek TFSI Turbo fuel stratified Injection-nya memang salah satu pesona dari tipe GTI. Dimana kombinasi sebagai fuel saver sekaligus speed maker jadi satu. Buat yang suka bejek gas, turbonya bekerja aktif mulai di rpm 1.800-an, jaid mulai putaran bawah, tenaga tambahan itu sudah terasa kuat. Daya maksimumnya ada di angka 200 dk pada putaran 5.100 rpm. Namun andaikan mesin tak dibejek sering-sering. Untuk pemakaian harian silakan habiskan satu liter Pertamax Plus untuk 10 km. Kencang bisa, iritpun ok.

No comments:

Post a Comment

Spam comment will be deleted...!!