Strategi Pencarian Pada Google

Kapan saja anda mencari informasi yang berdasarkan lebih dari satu kata kunci, sebuah mesin pencari khususnya pada Google pastilah mempunyai strategi khusus untuk menangani dan mengkombinasikan kata kunci tersebut. Beberapa komponen yang terkait dengan strategi pencarian pada adalah sebagai berikut :

1. Pencarian Frase (Phrase Searches)
Secara default, Google dalam proses pencarian kata kunci yang spesifik di halamam manapun akan memperhatikan kata kunci yang dimasukkan secara keseluruhan dan tidak sepotong-sepotong. Untuk menghasilkan halaman yang berisi kata-kata yang khusus dan terkait dengan pencarian frase makaGoogle menyediakan terminologi. Misalkan, anda memasukkan sebuah kata kunci : ilmu komputer, maka Google akan menemukan halaman web yang sesuai dengan kata kunci tersebut.

Jika anda ingin Google menemukan di mana kata kunci akan muncul secara bersamaan dalam sebuah frase, berilah tanda petik diantara kata kunci tersebut. Yang anda masukkan nantinya adalah "ilmu komputer".

2. Boolean Dasar
Apakah sebuah mesin pencari mencari beberapa atau semua kata kunci tergantung dari apa yang dinamakan Boolean. Mesin pencari dapat diatur ke Boolean AND (mencari seluruh kata kunci) atau Boolean OR (mencari untuk beberapa kata kunci). Tentu saja, jika sebuah mesin pencari diatur untuk mencari semua kata kunci. Anda dapat memberi perintah khusus untuk menginstruksikan kepada mesin pencari untuk mencari hanya beberapa kata kunci.

Secara default, Boolean Google adalah AND, di mana hal ini berarti jika anda memasukkan kata kunci tanpa modifikasi tertentu. Google akan mencari untuk semua kata kunci. Sebagai contoh, anda memasukkan kata kunci Candi Borobudur. Google akan mencari untuk semua kata tersebut. Jika anda lebih menyukai untuk menspesifikasikan salah satu kata maka letakkan Boolean OR di antara kata kunci yang ada. Sehingga kata yang dimasukkan adalah Candi OR Borobudur.

3. Negasi (Negation)
Jika anda ingin menspesifikasikan sebuah item query yang tidak akan muncul dalam halaman hasil pencarian, berilah tanda minus (-) diantara kata kunci yang anda masukkan. Sehingga kata yang dimasukkan adalah Candi-Borobudur.

4. Input yang Tegas (Explicit Inclusion)
Secara utuh. Google akan mencari semua kata kunci dan frase yang anda spesifikasikan (termasuk negasi). Tetapu bagaimanapun juga ada kata-kata tertentu yang akan Google abaikan karena kata-kata tersebut terlalu umum digunakan dalam pencarian. Kata-kata tersebut adalah I, a, the dan of. Untuk memberi input yang tegas pada Google, anda bisa menambahkan tanda atau karakter + (plus).

5. Sinonim
Mungkin anda pernah mengalami kehilangan hasil pencarian yang sangat berguna karena kata kunci yang anda gunakan untuk mencari halaman Web tidak sesuai dengan yang anda inginkan. Operator sinonim Google yaitu karakter-akan membantu menampilkan hasil yang mendekati dari informasi yang anda inginkan. Misalkan anda memasukkan ~ape maka hasil yang akan keluar adalah kera, gorilla, simpanse dan keluarga dari ape yang terkait.

6. Range Angka (Number Range)
Salah satu hal yang sulit untuk menampilkan query pencarian di Internet adalah cakupan atau range tanggal, mata uang, ukuran, berat, tinggi atau sesuatu yang lain, dan mempunyai 2 nilai yang berbeda.

Salah satu hal yang harus diingat adalah selalu menyediakan beberapa tanda yagn mengartikan jangkauan atau range, misalnya $, ukuran, megapixel, kg, dan tanda-tanda lainnya. Anda juga dapat menggunakan sintaks range angka hanya dengan 1 angka yaitu nilai maksimum atau minimum dalam query.

7. Case Sensitive
Beberapa mesin pencari bersifat case sensitive, di mana mesin pencari tersebut mencari suatu informasi berdasarkan pada huruf besar. Misalkan sebuah pencarian tentang "KOMPUTER" maka mesin pencari tidak akan menemukan kata "Komputer" atau "komputer" atau kombinasi yang lain.

Google adalah mesin pencari yang tidak bersifat case sensitive, jadi misalkan anda memasukkan kata KomPuter maka pencarian tersebut akan menghasilkan hasil yang sama ketika anda memasukkan kata KOMPUTER, komputer atau kombinasi kata komputer lainnya.

Sumber : Google Hacking

No comments:

Post a Comment

Spam comment will be deleted...!!