Sejarah Komputer

Sejarah Komputer Pada mulanya, manusia telah dihadapkan pada masalah berhitung. Manusia purba untuk menghitung angka-angka masih menggunakan cara yang sangat sederhana, yaitu dengan menggunakan jari-jari tangan atau batu, sehingga untuk penghitungan dengan taraf yang lebih besar mengalami hambatan.

Di daratan Cina pada 3000 tahun yang lalu telah ditemukannya alat untuk menghitung dengan nama abacus 9sempoa) yang terkenal hingga ke daratan Timur Tengah bahkan sampai ke daratan Eropa, dan alat ini masih digunakan hingga saat ini. Penggunaan abacus ini sangat membantu manusia dalam penghitungan angka yang lebih besar dibandingkan menggunakan jari tangan atau batu. Namun penghitungan dengan abacus masih dirasakan kurang oleh manusia.

Pada 1617 John Napier dari Scotlandia menciptakan alat penghitungan untuk perkalian dengan menggunakan tabel bujur sangkar yang terdiri dari 9 baris x 9 kolom yang berisi angka 1 sampai 9 yang dikenal dengan NAPIER'S BONES.

Pada 1642 Blaise Pascal seorang ahli matematika menciptakan sebuah mesin hitung mekanis yang dikenal dengan PASCAL'S ARITHMETIC MACHINE. Mesin ini terdiri dari roda-roda yang masing-masing mempunyai 10 bagian yang berisi angka-angka dari 0 sampai 9 yang dihubungkan satu dengan lainnya, sehingga setiap putaran roda akan memutar roda di sebelahnya sebesar 1 putaran.

pda 1674 Leibnitz dan Samuel Morland menciptakan mesin hitung yang dapat digunakan untuk perkalian dan pembagian. alat ini dikenal dengan nama LEIBNITZ CALCULATION MACHINE. Pada 1812 Charles babbage menciptakan sebuah alat yang disebut dengan BABBAGE CALCULATION MACHINE. Mesin inilah sebagai dasar dari komputer yang kita kenal saat ini. Pada mesin ini telah diperkenalkan penyimpan data hasil perkalian yang akan digunakan untuk operasi selanjutnya dan alat ini dapat menghitung logaritma dan trigonometri secara otomatis.

Pada 1835 Lady Ada Augusta Lovelace dikenal sebagai programmer komputer pertama. Beliau bekerja pada Charles Babbage pada mesin Analytical Engine dan menjelaskan tentang fungsi-fungsi Loop dan fungsi-fungsi Subroutine.

Pada 1890 Herman Hollerith dari Amerika Serikat menciptakan suatu mesin Punched Card Accounting yang menggunakan Punch Card sebagai media datanya. Dengan penemuan mesin ini Hollerith disebut sebagai Bapak Komputer Modern.

Komputer pertama yagn menggunakan elektro mekanis dibuat apda 1944 oleh Howard Aiken yang bekerja sama dengan IBM (International Business machine) Corporation. mesin ini dinamakan MARK I. Baru pada 1946 dibuat komputer elektronis pertama di University of Pennsylvania yang diberi nama ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator).

Pada 1950 Dr. John Von Nueman membuat komputer dengan nama EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer). Pada 1949 tim dari Cmabridge University membuat komputer dengan nama EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Computer). Komputer komersial pertama dijual oleh Sperry Rand Corporation pada 1949 dengan nama UNIVAC 1 (Universal Automatic Computer).

Sejak tahun tersebut hingga sekarang perkembangan komputer talah begitu pesat. Dengan diketemukannya IC (Integrated Circuit) telah membuat komputer sekarang meninggalkan komputer yang lalu. Hingga kini telah banyak produsen komputer dari daratan Eropa, Amerika dan Asia, yaitu Jepang, Taiwan.

No comments:

Post a Comment

Spam comment will be deleted...!!