Processor

processorProcessor adalah lempengan khusus yang berisi rangkaian IC atau Integrated Circuit, yaitu kumpulan transistor yang terpadu dalam satu silikon, contohnya adalah Intel, AMD dan Cyrix. Processor digunakan untuk memproses data atau program yang dimasukkan melalui input device.

Alat ini hanya mengenal angka biner (0 dan 1) yang sistem informasi komputer dikonversikan sebagai ON dan OFF, jika angka 0 yang keluar akan dikenal dengan OFF dan angka 1 akan dikenal dengan ON.

Pada awalnya, processor dibuat dengan ukuran 8 bit (Binary Digit), namun kini di pasar sudah terdapat processor dengan ukuran 64 digit atau lebih. Proses pembuatan IC terdiri dari beberapa langkah, antara lain :

Bahan dasar silikon dipisahkan dari batu dan pasir. Silikon dipanaskan dan lelehan silikon tersebut dicampur dengan material lain agar mencapai suatu karakter listrik tertentu, kemudian silikon tersebut dikristalkan ke bentuk lempengan bundar. Lempengan bundar tersebut disisir dengan gergaji intan untuk mendapatkan bentuk bundar dan sangat tipis. Kemudian lempengan itu dilapisi dengan bahan kimia yang mengkilap (glossy finish).

Sementara itu desainnya dipersiapkan. Sebuah desain biasanya tergambar 400 kali lelbih besar dan dapat berisi 5 hingga 18 lapisan rangkaian. Lempengan bundar itu lalu dilapisi dengan bahan kimia yang bersifat menghambat cahaya (photo resissting) dan dijiplakkan terhadap desain rangkaian, sehingga menimbulkan pola pada lempengan.

Setia[ sisiran kristal silikon lalu dicuci untuk menghilangkan residu kimia yang terjadi pada proses sebelumnya. Pengubahan karakter listrik terus dilakukan dengan cara mencampur dengan bahan gas tertentu dan memasukkannya ke tempat pembakaran. Proses diulang hingga mencapai jumlah lapisan yang diinginkan. Masukkan masing-masing bagian disusun pada alas keramik, lalu hubungan-hubungan termasuk hubungan dengan bagian luar tepi di solder. Kemudian IC tersebut disolderkan pada papan PCB (Printed Circuit Board) untuk mendapatkan suatu fungsi.

No comments:

Post a Comment

Spam comment will be deleted...!!