Perbaiki Harddisk Lost Cluster dengan Norton

Dalam harddisk sering timbul lost cluster, apa sebabnya dan bagaimana menangani masalah ini. Berikut saya jabarkan penyebabnya serta penanganannya.

Biasanya lost cluster terjadi karena komputer tidak dimatikan dengan melalui shutdown, terjadi crash pada system operasi dan mati listrik saat komputer dinyalakan, sehingga FAT (File Allocation Table) yang terdapat pada harddisk mengalami gangguan dalam pengaturannya
Cara penanganannya adalah, . Gunakan program Scandisk dan Norton Disk Doctor yang terdapat pada Norton Utilities untuk melacak masalah tersebut dan memperbaikinya, atau anda bisa mendapatkan berbagai macam program-program gratis yang banyak disediakan di dalam internet. Biasanya kedua program tersebut dapat pula memperbaiki masalah yang lain, seperti kerusakan kecil pada struktur direktori dan struktur file.

Anda juga dapat mengaktifkan Norton Disk Doctor secara otomatis pada saat windows start pertama kali bekerja dengan cara klik Start-programs-Norton Utilities-Norton Disk Doctor. Dilanjukan dengan klik tombol Options dan pada tab General klik star automatically with windows dan klik drive yang akan didiagnosa. Cara ini memanga tidak saya anjurkan, namun cara ini cukup efektif dalam mengantisipasi kerusakan harddisk dalam skala kecil.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Spam comment will be deleted...!!