Pengenalan Mikroprosesor Intel 8080

microprocessor intel 8080Mikroprosesor merupakan bagian dari sistem komputer yang berfungsi sebagai pusat pemrosesan/kendali dari segala aktifitas yang terjadi pada sistem komputer. Pada umumnya mikroprosesor mengerjakan data sebanyak 8 bit, namun ada juga yang mengerjakan 16 bit atau 32 bit. Sekarang kita periksa mikroprosesor 8 bit tipe 8080 buatan intel.

Mikroprosesor ini adalah CPU dalam satu chip walaupun bagian fungsionalnya yang digambarkan jarang digunakan/dipakai orang. Namun perangkat instruksi dan arsitekturnya masih dipakai oleh mikroprosesor lainnya.

Dalam mikroprosesor 8080 ada unit Aritmatika Logic Unit (ALU) dan juga Register CPU (storage), yaitu tempat menyimpan data untuk sementara waktu, yang disimpan hasil hitungan atau catatan untuk melakukan suatu proses operasi tertentu berulang kali.

Register instruksi merupakan urutan instruksi berupa program yang ada dalam memori (storage), dialirkan melewati bus data secara berurutan, kemudian melalui bus dalam sampai ke register instruksi. Semua instruksi itu disimak dan sistem kontrol mengirimkan isyarat-isyarat kendali, baik ke dalam maupun keluar.

Sehingga secara jelas CPU berhubungan dengan bagian lainnnya hanya melalui ke 3 buah bus yaitu : Bus Data, Bus Address dan Bus kontrol. Bus adalah sejumlah konduktor yang fungsinya serupa. Bus data digunakan untuk menyalurkan data keluar masuk CPU dan ke bagian komputer lainnnya. Sehingga hubungan keluar dilaksanakan melalui Bus Kontrol.

No comments:

Post a Comment

Spam comment will be deleted...!!