Pengamanan Komputer

Pengamanan Komputer Komputer merupakan suatu sistem yang saling berkaitan antara input, proses dan output. Oleh karena itu jika salah satu saja mengalami kerusakan atau dalam keadaan sakit, computer tersebut akan mengalami gangguan bahkan dapat pula tersebut tidak bisa digunakan. Terutama sekali dengan peralatan proses (CPU) yagn menjadi tumpuan dari sebuah komputer. Untuk menganggulangi hal tersebut, dalam bab ini akan diuraikan tentang pengamanan komputer. Untuk memperjelas apa dan bagaimana pengamanan komputer, ada baiknya anda mengetahui definisi dari pengamanan komputer.

Pengamanan komputer atau yang sering disebut dengan sekuriti komputer adalah pencegahan atas penggunaan data atau program dari masalah yang dihadapi, atau lebih mudahnya adalah segala sesuatu segala sesuatu yang menyangkut masalah keamanan sistem komputer. Jadi, pengamanan komputer adalah segala sesuatu baik berupa alat-alat, program komputer sampai dengan manusianya untuk saling menjaga dan mencegah komputer dari kerusakan. Karena itu, ketiga komponen tersebut harus saling mengisi satu dengan yang lainnya. Ini disebabkan keterbatasan kemampuan salah satu komponen tersebut.

Namun demikian, komponen manusia merupakan komponen terbesar, ini karena alat-alat dan program komputer dapat berfungsi dengan baik jika dioperasikan dengan benar. Selain itu, lingkungan yang paling dekat dengan komputer adalah dari faktor manusia, sehingga manusia haruslah dapat berperan banyak dalam pengamanan komputer.

Sebelum melangkah lebih jauh tentang pengamanan komputer, ada baiknya anda mengenal filosofi pengamanan komputer. Ini dimaksudkan agar anda memahami lebih mendalam tentang apa yang dimaksudkan dengan pengamanan komputer. Adapun filosofi pengamanan komputer dengan benar kita harus tahu karakteristik pengganggu yang akan datang pada sistem komputer.

sebelum melangkah lebih jauh tentang pengamanan komputer, ada baiknya anda mengenal filosofi pengamanan komputer. Ini dimaksudkan agar anda memahami lebih mendalam tentang apa yang dimaksud dengan pengamanan komputer. Adapun filosofi pengamanan komputer adalah agar dapat mengamankan sistem komputer dengan benar kita harus tahu karakteristik pengganggu yang akan datang pada sistem komputer.

Karakteristik pengganggu yang sering dijumpai pada sistem komputer, antara lain:

1. Lingkungan atau alam

Pengganggu komputer dari faktor lingkungan atau alam merupakan pengganggu komputer yang sering dijumpai dan paling banyak kejadian yang dihadapinya. Faktor tersebut antara lain:

a. Faktor manusia
Manusia sangat besar peranannya dalam faktor rusaknya komputer karena manusia diberi akal pikiran yang lebih baik daripada semua makhluk di bumi dan manusia mempunyai hawa nafsu untuk memiliki dan meraih harapan dengan segala cara. Dengan adanya akal pikiran tersebut, manusia ada yang berpikiran positif dan ada yang negatif. Untuk pikiran positif, pada umumnya mempunyai pikiran yang bersifat membangun. Namun untuk yang pikiran negatif, manusia tersebut akan cenderung berbuat tidak baik. Pikiran yang negatif tersebut antara lain mencuri, merusak dan mengganggu dengan sengaja. Selain itu, hawa nafsu manusia untuk saling menjatuhkan lawannya di suatu perusahaan guna kenaikan jabatan secara tidak sehat, sering mengacak data atau informasi bahkan sampai menghilangkan data tersebut untuk menjatuhkan lawannya. Selain itu, dengan akalnya manusia mencuri data dengan cara menyadap, meng-copy file, dan memotret.

Sedangkan yang dimaksud dengan merusak adalah suatu perbuatan manusia yang menyebabkan sebagian atau seluruh sistem tidak berfungsi. Dan menggangu adalah perbuatan manusia yang ditujukan untuk mengganggu jalannya sistem komputer.

Ada juga manusia yang tidak terkait di atas yang dapat merusak komputer tanpa sengaja. Misalnya, dirumah tangga yang mempunyai pembantu, untuk membersihkan komputer dengan menggunakan lap basah sehingga komputer tersebut konslet dan rusak. Atau jika di rumah anda ada anak kecil yang tidak mengetahui komputer. Anak tersebut minum dekat komputer dan minuman tersebut tumpah dan mengenai komputer, komputer tersebut dapat konslet dan rusak. Masih banyak lagi penyebab kerusakan komputer yang diakibatkan oleh manusia yang tidak dapat dituliskan secara mendetail. Namun intinya adalah kita harus berhati-hati dengan lingkungan di sekitar yang dapat mengakibatkan rusaknya komputer baik dengan disengaja maupun tidak.

b. faktor binatang

Binatang yang dimaksud disini adalah binatang yang sering dijumpai di sekeliling kita, diantaranya tikus, nyamuk, lalat, tawon,semut, rayap, ngengat, laba-laba, kecoa dan cecak. Binatang tersebut membuat sarang, urine (air seni), feces (kotoran), mengerat, bertelur dan bangkai. Khusus untuk binatang yang mengerat, dapat merusak kabel-kabel koputer dengan cara memakan karet pelindung pada kabel. Akibatnya, kabel tersebut akan terbuka dan terjadi hubungan pendek pada komputer, sehingga komputer tersebut akan konslet dan dapat mengakibatkan terbakarnya komponen komputer. Dan binatang lainnya yang berkembang biak dengan cara bertelur, jika telur tersebut tidak sengaja pecah, akan mengeluarkan cairan, sehingga terjadi hubungan pendek dan akan berakibat konsleting pada komputer. Khusus untuk urine yang mengandung zat asam, yaitu asam cuka dan amoniak. Zat asam tersebut bersifat cenderung melarutkan materi yang lain, sehingga dapat mengakibatkan iritasi pada benda-benda yang dibuat dari bahan yang tidak tahan zat asam, misalnya besi, seng dan tembaga.

c. Faktor tumbuhan

Faktor tumbuhan sangat berkaitan erat dengan faktor cuaca karena tumbuhan dapat berkembang biak dengan dipengaruhi faktor cuaca dan iklim. Tumbuhan yang perlu diwaspadai, antara lain jamur, lumut dan ganggang biru. Ketiga tumbuhan tersebut mudah sekali tumbuh pada daerah yang kelembabpannya relatif tinggi dan pada permukaannya terdapat media untuk tumbuh, yaitu debu. Terutama tumbuhan ganggang biru yang merupakan tumbuhan pioner, yaitu tumbuhan yang dapat tumbuh pada tempat yang tidak dapat ditumbuhi oleh tumbuhan lainnya termasuk jamur dan lumut. Apabila ganggang biru tersebut tumbuh, ganggang biru akan mengubah permukaan tersebut menjadi media yang dapat ditumbuhi oleh tumbuhan lainnya. Akibatnya terjaid iritasi pada permukaan.

d. Faktor cuaca

Cuaca dapat berpengaruh sangat besar pada keadaan sekitar kita. Cuaca yagn dimaksud adalah temperatur udara, angin, kelembapan udara,debu, hujan, petir, sinar matahari dan kabut. Terutama sekali untuk kelembapan udara, temperatur udara, debu, hujan, sinar matahari dan petir, karena kelima unsur tersebut sangat besar kaitannya dengan komputer.

Angin dapat menggoyangkan kabel di udara bebas, sehingga dapat menimbulkan noise pada transfer data yang kita kirim antarkomputer pada jaringan (LAN). Biasanya kejadian ini terjadi di perusahaan yang mempunyai jaringan antargedung yang berjauhan, namun dlam satu areal.

Debu yang dibiarkan menumpuk pada permukaan komputer kita akan berakibat mengurangi daya kontak antarkomponen pada computer. Dapat mengakibatkan hubungan pendek (konsleting) bila debu tersebut telah berubah menjadi konduktor. Bila mengandung air (basah) akan menyebabkan hubungan pendek dan dapat ditumbuhi dengan jamur. Bila debu tersebut menempel pada permukaan disket, disket teresbut tidak dapat digunakan untuk baca dan tulis serta akan ditumbuhi dengan jamur. Bila debu tersebut menempel pada head [ada diskdrive, akan merusak permukaan disket dan akan mengganggu proses baca dan tulis. Jika mengenai port atau slot pada mainboard, slot atau port tersebut tidak dapat digunakan.

Hujan deras secara terus menerus akan cenderung meningkatnya kelembapan udara, sehingga akan cocok untuk suhu tumbuhnya tidak tumbuhan yang mengganggu yaitu lumut, jamur dan ganggang biru. Hujan dapat pula menyebabkan hubungan pendek pada kabel-kabel yang berada di udara bebas.

Petir merupakan peristiwa alam yang bersangkutan dengan listrik statis, petir akan terjadi bila dua awan yang berlebihan muatan elektron melepaskan elektron-nya baik pada awan maupun bumi. Petir yang terjadi antar awan yang terjadi antara awan dan bumi yang dapat mengganggu sistem komputer kita. Petir yang kedua ini akan cenderung mencari benda-benda yang relatif menjulang tinggi dibandingkan benda-benda lain disekitarnya, misalnya pohon kelapa, menara, antena, bangunan yang menjulang tinggi, orang yang berdiri di tanah lapang dan lain-lain. Karena petir merupakan peristiwa pelepasan elektron yang bergerak sehingga akan menghasilkan arus listrik yang sangat besar dan mampu sekali jika anda menggunakan internet, faktor dari petir ini harus diperhatikan karena dapat merusak komponen pada modem jika petir tersebut melepaskan elektronnya secara besar. Juga dapat menimbulkan gangguan pada penerimaan data yang ditransfer melalui internet atau yang dikenal dengan noise.

Udara dan temperatur yang lembab sangat baik untuk tumbuhnya jamur, lumut dan ganggang biru.

No comments:

Post a Comment

Spam comment will be deleted...!!