Penanganan Masalah Hardware

Sekarang saya akan membahas cara penanganan masalah yang timbul dari hardware komputer. Masalah yang timbul biasanya terjadi akibat pemasangan dan manajemen komputer yang kurang baik, sehingga mengakibatkan errornya komputer.

Jika anda mendapatkan pesan "Parity Check Error", biasanya disebabkan oleh salah satu RAM yang terpasang pada mainboard rusak atau tidak tepat pemasangannya. Ada kemungkinan tersetang virus Parity-Boot dalam harddisk.

Penanganannya adalah, bila anda mempunyai RAM cadangan, gantilah RAM tersebut dengan RAM cadangan anda dan cobalah kembali. Jika masih terjadi masalah di atas, periksa floppy, SCSI-Controller atau Card yang lain, karena ada kemungkinan card-card tersebut mengalami masalah dalam penempatannya.

Untuk mengatasi virus Parity-Boot, antivirus yang terdapat sekadang sudah dapat mengatasi masalah virus tersebut, atau anda dapat mengaktifkan antivirus yang terdapat pada BIOS mainboarad dengan cara menekan tombol DEL/delete atau F2 atau CRTL+SHIFT+ESC pada saat menyalakan komputer, semua cara tadi itu bergantung pada jenis mainboard yang anda punya.

Untuk lebih jelas tentang cara mengubah BIOS pada mainboard, sebaiknya anda lihat buku manual mainboard anda terlebih dahulu. Biasanya anda akan mendapatkan tulisan "Boot Virus Detection atau virus Warning dengan cara mengubahnya menjadi enable. Cara ini tidak saya anjurkan pada saat anda akan menginstall program Windows 95/98.

Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel ini

Penanganan komputer
RAM(Random Access memory)
Sejarah komputer

1 comment:

  1. Juragan,
    Saya Izin Copy Paste Artikelnya Di http://www.ghostworld.us/showthread.php?t=331

    Kalau Juragan,
    Suka Bermain DOTA silahkan bergabung bersama kami..

    Name: GhostWorld
    IP: dota.ghostworld.us
    TZ: 7

    Official Site: http://www.ghostworld.us

    Terima Kasih atas tutorialnya...

    ReplyDelete

Spam comment will be deleted...!!