Mengenal Peralatan Instalasi Jaringan

Sebelum jauh mengenal LAN, ada baiknya anda mengenal peralatan yang dibutuhkan pada instalasi jaringan. Peralatan ini digunakan sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan pada suatu instalasi jaringan peralatan tersebut antara lain:

1. Ethernet Card
Digunakan untuk mengirimkan dan menerima data oleh sebuah nude. Alat ini sangat dibutuhkan oleh komputer yang bekerja dengan jaringan, sehingga jika alat ini tidak terpasang komputer tidak akan dapat dihubungkan melalui jaringan. Cara kerja dari Ethernet adalah:

Pertama-tama sebelum mengirimkan data ke nude lain, nude pengirim akan mendeteksi jaringan komputer apakah yang sedang sibutk atau tidak. Apabila jaringan sedang sibuk, nude pengirim akan menunggu jaringan sampai tidak ada lagi sinyal pengiriman data. Namun jika jaringan sedang tidak digunakan, nude pengirim akan mengirimkan data ke nude lain. Bila terdapat dua nude mengirimkan data atau yang lain dalam waktu bersamaan, akan terjadi tubrukan pada jaringan atau yang disebut dengan collision. Jika terjadi collision, kedua nude akan menghentikan aktivitas pengiriman dan mengirimkan sinyal jam terjadinya collision disertai dengan menunggu. Kemudian nude-nude yang mengirimkan tersebut akan dikirim secara acak (random) ke jairngan dan pengiriman yang mengalami collision akan dikirim kembali bila terdapat kesempatan pengiriman.

b. Repeater
Suatu alat yang digunakan untuk memperkuat sinyal pada jaringan komputer. Alat ini bertujuan menghubungkan suatu daerah jaringan dengan daerah jaringan yang lebih jauh. Penggunaan repeater dianjurkan sekali bila anda ingin mengembangkan jaringan menjadi jaringan yang lebih luas dari sebelumnya.


c. Bridge
Suatu alat yang digunakan untuk memisahkan suatu jaringan yang luas menjadi jaringan-jaringan yang lebih kecil. Alat ini bertujuan untuk mengatasi tabrakan (collision) pada saat pengiriman data atau yang lain melalui jaringan. Cara kerja dari Bridge adalah dengan mengisolasi atau membatasi jaringan yang besar menjadi jaringan yang lebih kecil.

Bridge akan menyeleksi data yang akan lewat dengan ketat melalui jaringan kedalam jaringan yang lebih kecil. Penggunaan bridge dianjurkan bila anda ingin mengembangkan jaringan menjadi jaringan yang lebih luas dari sebelumnya. Karena itu komputer sering terjadi tabrakan, akan berakibat menurunnya kinerja dari komputer.

d. Router
fungsi dari router hampir sama dengan fungsi bridge, namun penyeleksian data yang ditransfer pada tingkatan yang lebih tinggi daripada dengan cara bridge. Tingkatan seleksi tidak pada tingkatan alamat adari host, melainkan sudah mencapai tingkatan alamat dari internet.


e. Token Ring
Suatu alat yang digunakan untuk mengatasi tabrakan (collision) pada transfer data atau yang lain dengan cara mengirimkan tanda secara beranting. Cara kerja dari token ring adalah sebagai berikut:

Tanda (token) pada awalnya hanya berputar-putar dari nude yang satu ke nude yang lain dalam keadaan kosong. Pada saat ada nude yang akan mengirimkan data atau yang lain, maka nude tersebut mengambil dan menempelkan bingkai data atau yang lain kepada tanda yang sedang berjalan. Setelah tanda tersebut terdapat data yang akan dikirim, nude yang lain tidak akan dapat menggunakan tanda tersebut sampai data yang dikirim mencapai nude penerima.

Nude yang berisi data akan mengirimkan dengan cara mengecek satu persatu nude yang akan menerima sesuai dengan alamat yang dikirim.Bila nude telah sampai pada nude yang menerima, nude penerima akan mengemabil data yang dikirim dan dilanjutkan dengan melepaskan kembali tanda tersebut dalam keadaan kosong.

No comments:

Post a Comment

Spam comment will be deleted...!!