Mengenal Kemampuan dan Cara Kerja Virus

Apakah anda mengetahui bagaimana cara sebuah virus bekerja di dalam komputer yang akan terinfeksi dan kemampuan virus itu sendiri. Jika memang anda belum mengetahuinya secara jelas, berikut saya tulis tentang bagaimana suatu virus itu bekerja serta kemampuan apa saja yang biasanya ada di dalam virus itu sendiri.

1. Kemampuan mendapatkan informasi penting
Virus didesain untuk menginfeksi banyak file atau program. Misalnya, virusu akan menulari seluruh file.txt* atau .htt, maka virus tersebut akan mencari informasi tentang file-file atau program-program yang ada. Setelah virus mendapatkan informasi tersebut, maka akan disimpan di memory atau di suatu file tertentu yang telah di-set attributnya menjadi hidden (tersembunyi).

2. kemampuan untuk memeriksa apakah file tersebut telah terinfeksi atau belum. Biasanya virus akan memeriksa byte yang dipakai oleh virus tersebut, atau dengan nama lain penanda. Apabila penanda tersebut telah ada maka virus tidak akan menginfeksi file tersebut. Tetapi apabila file tersebut tidak ada penandanya, maka virus akan menulari file yang sehat itu.
3. Kemampuan menggandakan diri
Kemampuan ini pastinya dimiliki oleh virus, karena kemampuan ini digunakan untuk perkembangbiakan virus tersebut. Biasnya virus akan memasang penanda dan menyisipkan program untuk memperbanyak virus tersebut.

4. Kemampuan untuk memanipulasi
Kemampuan ini digunakan untuk memunculkan pesan gambar, menghapus file, mencuri data/file, dan lain-lain.

5. Kemampuan untuk menyembunyikan diri dan data yang dibuat.
Seluruh aktifitas yang dilakukan virus haruslah tidak kelihatan, baik dari user ataupun dari komputer. Hal ini menjadi keindahan sebuah virus. Biasnya kita bisa melihat seluruh pross yang ada di komputer (khususnya yagn berbasis windows) hanya dengan menekan Crtl+Alt+Delete, maka akan muncul kotak yang berisikan proses-proses yang berjalan pada komputer. Sebuah virus yang bagus adalah yang tidak tertangkap prosesnya oleh trapping teresebut. Apalagi jika dapat menghindari deteksi sebuah antivirus.

No comments:

Post a Comment

Spam comment will be deleted...!!