Manajemen Komputer

Dalam teori ilmu manajemen menyatakan bahwa manajemen terbagi menjadi beberapa tingkatan, yaitu manajemen puncak (top management), managemen menengah (middle management), management bawah (bottom management) dan operasional. Dengan pembagian manajemen tersebut, terbagi pula pekerjaan-pekerjaan suatu perusahaan sesuai dengan fungsi-fungsi dari tingkatan manajemen tersebut.

Pada fungsi dari tingkaran operasi banyak menggunakan komputer secara langsung, sehingga pada bagian operasional inilah banyak terjadi kerusakan komputer yang diakibatkan pemakaian komputer bersama-sama atau sastu komputer digunakan oleh lebih dari satu orang, sehingga komputer dapat digunakan oleh orang yang baru coba-coba atau belajar, dan akibatnya kontrol terhadap komputer tersebut sangat lemah.

Jika komputer digunakan oleh orang yang sudah mahir menggunakannya, tidak terlalu besar pengaruhnya atas rusaknya komputer. Namun jika komputer tersebut digunakan oleh otang yang baru belajar, orang tersebut akan menggunakan dengan cara mencoba untuk membuka program satu dan yang lain. Apabila pengguna komputer tersebut tidak memahami cara penggunaannya akan berakibat rusaknya program yang terdapat pada komputer.

Selain komputer dapat rusak, jika komputer digunakan secara bersama-sama, akan berakibat kontrol terhadap data sangat lemah dan akan berakibat hilang atau dicurinya data tersebut.

Organisasi
Organisasi merupakan suatu wadah tempat berkumpulnya orang yang mempunyai tujuan yang sama. Dengan banyaknya orang yang berkumpul pada organisasi, masalah yang timbul dapat bermacam-macam antara lain: pencurian, kerusakan komputer, gangguan komputer, kerusakan faktor perangkat keras, kerusakan faktor perangkat lunak, kerusakan sistem operasi dan lain-lain.

Dalam suatu organisasi, kontrol terhadap orang-orang yang keluar masuk ke dalam organisasi tidak seketat dalam sautu manajemen perusahaan. Namun perlu diketahui bahwa data suatu organisasi tersebut juga penting untuk diamankan. Karena jika pengamanan terhadap suatu data tidak diperhatikan dapat berakibat disalah gunakan data tersebut untuk kepentingan pribadi namun diatas namakan organisasi. Jika hal ini terjadi, nama baik organisasi tersebut akan buruk dipandang oleh masyarakat.

Sebagian besar maslah yang ditimbulkan pada faktor organisasi ini hampir sama dengan yang ditimbulkan pada faktor manajemen.

Telekomunikasi
Pada umumnya, kerusakan yang diakibatkan oleh faktor telekomunikasi adlah kerusakan data pada saat pengiriman antara komputer yang satu dengan komputer yang lain, apabila data yang dikirim merupakan data yang sangat penting, akan berakibat informasi yang diterima pada komputer penerima tidak sempurna dan akibatnya adalah perusahaan tersebut akan salah dalam membuat laporan. Selain rusaknya dta yang dikirim, data tersebut dapat pula disadap oleh pihak lain yang mempunyai niat tidak baik pada perusahaan. Penyadapan ini kian marak dengan perkembangan teknologi informasi yang kian baik.

No comments:

Post a Comment

Spam comment will be deleted...!!