LightPen

lightpenLightPen adalah alat yang menyerupai penda dan dapat memancarkan sinar untuk dituliskan langsung pada layar monitor atau pada bidang datar yang khusus dirancang untuk dapat ditulisi dengan menggunakan pena khusus.

Dengan menggunakan lightpen, anda dapat langsung memasukan data, baik berupa angka maupun huruf ke dalam CPU melalui layar monitor. Walaupun menggunakan lightpen, tombol-tombol pada keyboard masih dibutuhkan juga antara lain untuk mensetting angka atau huruf menurut jenis huruf yang terdapat pada komputer dan waktu eksekusi.

Lightpen merupakan inovasi terbaru dari perangkat input karena alat ini digunakan seperti layaknya anda menulis pada sebuah kertas. Pada lightpen terdapat sebuah kabel yang menghubungkan antara lightpen dengan monitor, sehingga monitor yang digunakan bukanlah monitor yang biasa dipakai melainkan monitor khusus yang memiliki kabel penghubung dengan lightpen, misalnya Notebook Sharp menghubungkan lightpen dengan sebuah kabel halus ke komputer dan lightpen tersebut digunakan untuk menuliskan pada sebuah bidang daftar atau tidak dituliskan ke layar monitor. Pengunaan lightpen ini biasanya menggunakan program untuk rancang bangun, misalnya CAD (Computer Aided Design) atau CAM (Computer Aided Manufacturing).

No comments:

Post a Comment

Spam comment will be deleted...!!