Konfigurasi Routing OSPF

Dalam menjelaskan teknik konfigurasi routing OSPF dengan GateD, kita akan memulai dengan melihat sebuah jaringan broadcast untuk mengatur pemilihan Designated Router dab Backup Designated Router di jaringan tersebut. Setelah itu, kita melihat konfigurtasi jaringan OSPF tanpa area dan dengan membaginya menjadi area.

Salah satu perhatian utama dalam merancang jaringan OSPF dalam perancangan routing aldah minimalisasi tabel routing. Minimalisasi ini dapat diperoleh dengan cara mengumpulkan alamat IP jaringan yang berdekatan di router yang berdekatan pula. Jadi, untuk merancang jaringan OSPF, kita harus membagi jaringan tersebut menjadi beberapa area.

Ketika jumlah jaringan dalam sebuah organisasi semakin besar, dengan perangkat yang semakin banyak dan berbeda-beda dari berbagai vendor, saat itulah diperlukan kerangka manajemen jaringan yang baik. Manajemen jaringan TCP/IP terdiri dari stasiun manajemen yang berkomunikasi dengan elemen-elemen jaringan. elemen jairngan ini bisa berupa host, router, berupa workstation dengan monitor berwarna dan grafis yang menampilkan status yang dimonitornya.

Untuk menangani manajemen jaringan ini, digunakan SNMP atau Simple Network Management Protocol , SNMP merupakan sebuah protokol yagn didesain untuk memberikan kemampuan kepada pemakai untuk mengelola jaringan komputernya dari jarak jauh (remote). Pengelolaan ini dilaksanakan dengan cara melakukan polling dan setting variabel-variabel elemen jaringan yang dikelolanya.

SNMP terdiri dari tiga elemen, yaitu:
Rata Penuh
MIB (Management Information Base)
Merupakan struktur database variabel elemen jaringan yang dikelola. Struktur ini bersifat hierarki dan memiliki aturan yang sedemikian rupa sehingga informasi nilai setiap variabel dapat diketahui atau diset dengan mudah.

Manajer
manajer merupakan perangkat lunak yang berjalan di sebuah host di jaringan. Manajer ini bertugas mengumpulkan informasi dari agen-agen. Tidak semua informasi yang dimiliki oleh agen diminta oleh manajer. Informasi-informasi yang diminta oleh administrator jaringan, yang menjalankan host berfungsi sebagai manajer saja yang akan dikumpulkan dari agen

Agen
Agen merupakan perangkat lunak yang dijalankan disetiap nude atau elemen jaringan yang akan dimonitor. Tugas agen adalah mengumpulkan seluruh informasi yang telah ditentukan dalam MIB.

SNMP didesain oleh IETF untuk pemakaian di internet. Saat ini SNMP didesain di atas protokol UDP (User Datagram Protocol), karena menggunakan protokol UDP, SNMP adalah protokol yang connectionless. Tidak ada jaminan lalu lintas manajemen diterima oleh entitas lain dengan sempurna. Dengan protokol ini, overhead proses dapat dikurangi dan diperoleh kesederhanaan. Jika reliabilitas dan accountabilitas yang diperlukan, manajer jaringan harus membangun operasi yang connection oriented pada aplikasi di lapisan atasnya.

Pada SNMP, manajer dan agen saling berkirim pesan berupa permintaan manajer dan jawaban dari agen tentang informasi jaringan. Pesan ini dibawa oleh paket-paket data yang disebut PDU (Protocol Data Unit).

PDU SNMP merupakan unist data yang terdiri dari atas sebuah header dan beberapa data yang ditempelkan. PDU dapat dilihat sebagai sebuah benda yang mengandung variabel-variabel. Variabel ini memiliki nama dan nilai. Lima PDU yang telah didefinisikan dalam standar sebagai berikut:

Get Request. PDU ini digunakan untuk mengakses agen dan mendapatkan nilai dari daftar variabel yang diminta. PDU ini, mengandung identifier yang membedakannya dengan mulit request ataupun nilai variabel (status elemen jaringan).

Get-Next Request. Seperti Get Request, tetapi memungkinkan pengambilan informasi pada logical identifier selanjutnya dalam MIB free secara berurutan.

Get Response. PDu ini untuk merespon unit data Get Request, Get-Next Request dan Set Request, jadi dikeluarkan oleh agen.

Set Request. Dipakai untuk menjelaskan aksi yang harus dilaksanakan di elemen jaringan. Biasanya untk mengubah nilai suatu daftar variabel.

Trap. PDU ini memungkinkan modul manajemen jaringan (agent) memberi laporan tentang kejadian pada elemen jaringan kepada manajer.

No comments:

Post a Comment

Spam comment will be deleted...!!