Jenis-jenis Memory

Pada pembahasan sebelumnya kita telah membahas memory untuk tipe RAM (baca artikel sebelumnya di sini) secara globalnya, sekarang saya akan mengulas kembali secara detil untuk tipe RAM dan ROM serta Jenis jenisnya. Berikut pembahasannya.

pada sistem mikroprosesor memori yang digunakan adalah RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory). Jenis RAM terbagi menjadi 2 jenis yaitu type RAM statik dan dinamik. Type RAM statik merupakan salah satu jenis RAM dimana datanya disimpan dalam bentuk data logic. RAM tipe ini dibuat dari rangkaian-rangkaian flip-flop yang dapat menyimpan satu bit informasi, dan informasi yagn disimpan akan tetap stabil selama catu daya listriknya juga stabil.

Pada RAM type Dinamik, merupakan tipe RAM yang lain dimana satu bit informasinya disimpan dalam bentuk muatan-muatan listrik. RAM tipe ini dibuat dengan teknologi MOS (Metal Oxide Semiconductor) sebagai sel memor elementer, dimana teknologi ini sangat sensitif terhadap perubahan tegangan listrik. Untuk melakukanpembacaan datu atau menulis ke serpih memori, maka RAM akan melakukakn proses sebagai berikut:

memberikan isyarat ke alat yang sedang dihubungi oleh signal pemilih serpih (chip select=CS) atau menjalankan serpih (chip enable=CE) yang kemudian dihubungkan dengan alamat bus. Yang kedua yaitu menyediakan alamat kata yang terpilih di dalam memori. Kapasitas RAM yang ada pada saat ini yaitu, 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1024 MB (1 GB).

Type ROM merupakan salah satu tipe memori dimana isi datanya tidak dapat dihapus, hanya dapat dibaca saja oleh si pemakai. Tipe-tipe ROM ada beberapa jenis, yaitu :

1. PROM (Programmable Head Only Memory).
Tipe yang dapat dibaca dan diprogram langsung oleh pemakai dengan menggunakan pemrograman khusus, tetapi hanya satu kali.

2. EPROM (Erasable PROM)
Tipe yang dapat ditulis berulang kali (tetapi ada batasannya) dengan menggunakan sinyal listrik dan proses penghapusannya menggunakan sinar ultraviolet(UV).

3. EAROM (Electrically Alterable ROM)
Tipe ROM yang dapat diubah secara elektris dan dapat dibaca atau ditulis, tetapi tidak perlu dihapus seluruh bagiannya dan dapat diubah satu persatu.

4. EEROM (Electrically eraseable ROM)
Tipe ini sama saja dengantipe EPROM, hanya saja proses penghapusannya dapat menggunakan sinyal listrik (dan semuanya dapat dihapus).

No comments:

Post a Comment

Spam comment will be deleted...!!