Jaringan Komputer

Jaringan komputer atau yang dikenal dengan Local Area Network (LAN) dikembangkan pada pertengahan 1970-an dengan percobaan pada laboratorium. Pada akhir 1970-an Datapoint mengeluarkan ARCnet (Attached Resource Computer), yang semula berupa network untuk mini komputer. Sejalan dengan itu IBM mengeluarkan SNA (System Network Architecture) untuk komunikasi dengan komputer-komputer besar.

Dengan munculnya PC (Personal Computer) pada 1981-an, LAN menjadi perhatian pula. Digital Equipment Corp, Intel Corp dan Serox Corp dalam kerjasamanya mengeluarkan LAN Ethernet. Sedangkan Corvus mengeluarkan Omninet, yang satu ini hanya terfokus pada penggunaan harddisk bersama-sama. Novel Corp mengeluarkan Netware, yang saat itu dikenal dengan Sharenet. Program ini di masyarakat dikenal dengan Novell Netware.

Pada 1982, Nestar mengeluarkan PLAN netwaork, yang disebut sebagai LAN pertama yang berdasar pada IBM PC. Pada 1983 puluhan LAN muncul, termasuk EtherSeries daro 3COM yang kompatibel dengan ethernet dan sistem pengkabelan Token Ring oleh IBM. (Tercatat bahwa software dan hardware Token Ring keluar sekitar 1985).

Cepat atau lambat penggunaan jaringan untuk media penghubung antar komputer akan banyak digunakan. Penggunaan jaringan komputer sangat dibutuhkan oleh pemakai di perkantoran atau di rumah untuk menghubungkan sumber daya komputer (diskdrive / CD-RW dan lain-lain) yang terbatas yang dimiliki antara komputer yang satu dengan yang lain, baik komputer tersebut pada ruang yang berbeda hingga antar gedung yang berbeda.

Dengan adanya jaringan antar komputer, sangat membantu para pengguna komputer dalam bekerja, terutama di perkantoran. Misalkan anda akan mengirimkan data atau laporan dari departemen penjualan pada suatu kantor di lantai 1 ke lantai 5, namun bila dilakukan dengan menggunakan jaringan, akan membutuhkan waktu hanya beberapa detik bergantung pada kecepatan dan jaringan tersebut. Dengan demikian banyak waktu yang dapat dihemat jika menggunakan jaringan.

No comments:

Post a Comment

Spam comment will be deleted...!!