Harddisk

harddiskHarddisk atau fixed disk merupakan media penyimpanan yang menggunakan lempengan-lempengan logam yang berbentuk piringan, contohnya: Seagate dan Quantum. Alat ini terbuat dari aluminium disk tandon yang dicelupkan ke dalam larutan untuk dibentuk menjadi kobalt tipis dan lempengan nikel, lebih halus dan keras pada media berlapis oxide.

Harddisk umumnya bersifat tetap yaitu berada di dalam CPU komputer dan tidak bisa dikeluar masukan seperti yang dapat dilakukan pada floppy disk. Harddisk ini akan selalu bekerja selama komputer digunakan karena pada umumnya harddisk tersebut berisis program-program yang digunakan pada sebuah komputer, misalnya program Windows.

Media penyimpanan harddisk dapat memuat data dengan ukuran besar hingga lebih dari 50 MB dan mempunyai kecepatan proses yagn lebih cepat jika dibandingkan dengan floppy disk. Kecepatan tersebut dikenal dengan RPM (Read Per Minute), yaitu antara 6200 - 7200 Rpm atau lebih.

Harddisk terbagi menjadi dua tipe, yaitu harddisk XT dan harddisk AT. Perbedaan antara harddisk XT dengan harddisk AT adalah pada harddisk XT mempunyai dua buah kabel untuk input dan outpu ke dalam CPU, sedangkan harddisk AT hanya mempunyai satu buah kabel.

Kini harddisk XT sudah sulit ditemukan, bahkan sudah tidak diproduksi lagi, karena harddsik XT digunakan pada komputer dengan processor intel 286 atau kompatibel dan harddisk XT berukuran lebih besar daripada harddisk AT, namun kapasitas yang dimiliki lebih kecil daripada harddisk AT.

Harddisk AT terbagi menjadi dua jenis, yaitu harddisk IDE dan harddisk SCSI. Perbedaan antara harddisk IDE dengan harddisk SCSI antara lain.

Pin penghubung kabel harddisk ke soket pada manboard. Pada harddisk SCSI lebih panjang dibandingkan dengan harddisk IDE, yaitu pada harddisk SCSI berjumlah 50 pin dan harddisk IDE berjumlah 40 pin.

Kecepatan proses pada harddisk SCSI lebih cepat dibandingkan harddisk IDE. Harddisk jenis SCSI lebih mahal harganya dibandingkan dengan harddisk jenis IDE pada besar kapasitas yang sama.

baca juga artikel yang ini

No comments:

Post a Comment

Spam comment will be deleted...!!