Harddisk Bad Sector

Di komputer pada zaman sekarang media penyimpanan file sangatlah beragam, mulai dari flash disk,CD,harddisk portable, dll. Tetapi ada kalanya ketika anda ingin melihat atau membuka file tersebut secara tiba-tiba komponen atau device anda tidak terdeteksi atau bisa jadi rusak.

Nah untuk kali ini saya akan membahas bad sector pada harddisk, apakah bad sector pada harddisk dapat dihilangkan..? jawabannya adalah tergantung kerusakan yang dialami pada harddsik itu sendiri.

Biasanya penyebab harddisk mengalami bad sector karena adanya hubungan dengan medan magnet yagn cukup besar sehingga arus magnetnya berubah. Dan kerusakan harddisk juga dapat diakibatkan oleh goncangan pada harddisk yang keras, misalnya jatuh. Selain itu kerusakan harddisk juga dapat diakibatkan adanya hubungan pendek (konsleting) pada power supply.

Apabila kerusakan harddisk teresebut menyerang permukaan harddisk, harddisk tidak dapat diperbaiki bad sectornya. Namun jika harddisk yang rusak hanya logika saja, sebaiknya format harddsik tersebut dengan menggunakan low format. Anda dapat menggunakan system operasi DOS atau anda dapt menggunakan program PCFORMAT dalam software PCTOOLS atau program yang lainnya yang dapat membuat low format.

Dengan menggunakan llow format, mnimal harddisk tersebut dapat berkurang bad sector. Jika format pertama kurang berhasil mengurangi bad sector, sebaiknya format kembali harddisk tersebut hingga bad sector hilang atau berkurang. Jika tidak juga berhasil harddisk tersebut dapat dipastikan mengalami kerusakan yang parah. Untuk memformat harddisk lebih dari stu kali pelaksanaannya bergantung dari kondisi harddisk.


No comments:

Post a Comment

Spam comment will be deleted...!!