FTP (File Transfer Protocol)

FTP (File Transfer Protocol) FTP banyak digunakan untuk memindahkan atau meng-copy file dari komputer satu ke komputer lainnya. Aplikasin ini adalah aplikasi yang telah dikembangkan sejak awal perkembangan internet. Operasi protokol FTP ini cukup sederhana. Dengan menggunakan client FTP, seorang pengguna dapat melihat isi direktkori, memindhkan file dari dan ke server FTP, serta membuat dan menghapus direktori ddi server tersebut. Dalam melakukan operasi yang berhubungan dengan pengiriman isi file.FTP menggunakan koneksi TCP tambahan yang khusus untuk mengirim isi file.

Untuk mentransfer sebuah file, menggunakan dua jenis hubungan (Connection), yaitu:

Control Connection

Digunakan pada pola hubungan antara client-server yagn normal (mentransfer perintah-perintah dan balasan). Server membuka isi secara pasif di sebuah port khusus (wellknown port), yaitu port 21. Selanjutnya server menunggu hubungan yang akan dilakukan oleh client. Client secara aktif membuka port 21 untuk membangun Control Connection. Control Connection ini akan dipertahankan sepanjang waktu selama client masih berkomunikasi dengan server. Hubungan ini digunakan oleh client untuk mengirim perintah-perintah ke server dan server menggunakannya untuk memberi respon.

Data Connection

Dibangun setiap kali sebuah file ditransfer antara client server. Hubungan ini bersifat memaksimalkan ukuran data yang ditransfer (troughput), karena hubungan ini untuk transfer file.

No comments:

Post a Comment

Spam comment will be deleted...!!