Buffer Tabung Soundbox

buffer tabung soundboxBuffer tabung soundbox Dalam sistem home audio, power tabung tetap jadi primadona untuk hasilkan suara yang hangat. Sistem audio mobil juga melengkapi sistemnya dengan aplikasi dengan power tabung. Namun bagaimana dengan sistem tanpa power tabung tapi pengen dapatkan suara khas tabung? tenang, David karjadi, instalatur Neusound telah merancang buffer (penyangga) tabung agar sistem dengan power biasa bisa bersuara hangat layaknya kita mendengar suara manusia secara langsung.

Produk yang diberi label buffer tabung Soundbox kreasi lokal ini berfungsi memberikan kesan warm tube buat sistem tanpa power tabung. Alasan dibuat lantaran power tube punya harga mahal. "Dengan tube buffer ini, gesitnya power 'solid state' (power dengan komponen non tabung) tetap dapat, tapi nuansa natural tubenya jelas dapat," bilang David yang berpraktik sebagai instalatur di Mega Glodok, Kemayoran, Jakarta Pusat. Untuk pemasangannya dari berada antara head unit dengan power. jadi inputnya diubah menjadi suara tabung agar setelah masuk ke power bisa dapat efek natural layaknya kita mendengar suara manusia secara nyata.

Proses untuk menjadikan buffer ini bagus, David mesti melewati beberapa bulan, "Hampir 1 tahun untuk bongkar-bongkar pasang komponen dan tes naik ke mobil," ungkap David. Kendala yang dihadapi ketika proses uji coba, noise gangguan dari kelistrikan mobil. Dan paling sulit lagi bikin power supply-nya, untunglah David dibantu dengan temannya untuk bikin power supply yang bagus.

Komponen tabung yang dipakai GE 6AK5. "Harganya murah, satu tabung Rp 150 ribu," ungkap David. Dipakai setelah dirasa suaranya paling cocok untuk dapatkan suara yang benar-benar natural. Lalu untuk komponen lainnya, kapasitor, resistor dan induktor. "Masing-masing komponen punya keunggulan masing-masing," ungkap David. Untuk pemasangan jangan sampai terganggu dengan kelistrikan mobil."Misalnya ditaruh di atas fuse distribution block atau dilewati kabel strum poewr," ungkapnya. Efek yang ditimbulkan adalah induksi listrik yang mengakibatkan suara noise masuk ke dalam sistem audio mobil. harga produk ini RPp 1,5 juta.

No comments:

Post a Comment

Spam comment will be deleted...!!