Bayi Baru Lahir Terjangkit Flu Babi

flu babiThailand- Seorang bayi perempuan baru lahir diduga terinfeksi virus flu babi tak lama setelah ia dilahirkan. Seperti yang dilaporkan kemarin, bayi tersebut lahir dalam kondisi prematur di Rumah Sakit Ratchaburi, Thailand. Menurut otoritas kesehatan Thailand, kasus ini merupakan yang pertama terjadi di negara itu, yakni penularan virus dan ibu ke anank baru lahir.

"Ini merupakan kasus pertama," kaat Direktur Rumah Sakit Chulalongkorn Dr Adisorn Phataradul. Adison mengungkapkan, bayi malang tersebut dilahirkan oleh seseorang ibu berusia 24 tahun asal Provinsi Ratchaburi, Selasa pekan lalu. Sang ibu sebelumnya memang menderita virus berkode H1N1 itu.

Penjangkitan, kata Adisorn, terjadi sesaat setelah bayi itu menghirup udara dunia, dan sebelum ibunya dipindahkan ke Chulalingkorn untuk menjalani perawatan khusus. Kini bayi tersebut ditempatkan dalam inkubator. Dan, untuk mencegah berkembangnya virus, dokter memberikannya obat antivirus. Dokter mengatakan paru-paru bayi itu sudah normal. Kendati demikian, mereka masih khawatir obat tersebut akan mempengaruhi otak si bayi.

Adapun ibunya dalam kondisi kritis saat ini. Dia menderita radang paru-paru hebat akibat virus mematikan itu. Menurut dokter, virus tersebut telah menyebar ke paru-parunya. Guna membantu penyembuhan, dokter telah memberinya obat antivirus Oseltamivir dan pil tidur. Sampai saat ini jumlah warga Thailand yang terjangkit flu babi mencapai 6.776 orang. Dari jumlah itu, 44 orang diantaranya meninggal.

Perdana Menteri Thailand Abhisit Vejajiva menganjurkan agar rakyatnya selalu menyediakan obat antivirus secukupnya dan senantiasa membersihkan tangan. Dia juga mengatakan Menteri kesehatan sedang mengembangkan sebuah metode yang dapat membantnu pasien dengan gejala flu untuk memperoleh akses perawatan yang lebih cepat.(tempo)

No comments:

Post a Comment

Spam comment will be deleted...!!