"Xylitol" Gula yang baik untuk gigi

Makanan dan minuman manis adalah salah satu musuh bagi gigi. Kandungan gula dalam makanan dan minuman manis yang tersisa pada lapisan gigi akan meninggalkan plak dan mengakibatkan terjadinya proses terkikisnya email gigi. Namun ternyata tak semua gula menyebabkan kerusakan gigi.

Ada gula yang sangat jahat terhadap gigi, yaitu dari jenis sukrosa, seperti yang terdapat pada gula pasir, dan pemanis pada cokelat, permen dan kue. Gula jenis ini paling cepat diubah menjadi senyawa asam oleh bakteri streptococcus mutans, dan menyebabkan gigi mengalami proses pelepasan fluor pelindung email gigi.

Sedangkan kandungan gula pada buah-buahan, yang disebut laktosa, tak sejahat sukrosa, namun bukan berarti tak menyebabkan kerusakan. Hanya karena sifatnya yang alami, proses perubahan senyawa asam tidak seberat pada gula suksora.

"ada satu jenis gula yang terbukti rasa manisnya tidak membuat kerusakan pada gigi, gula ini disebut "xylitol". Gula xylitol ternyata tidak dengan mudah menyebabkan proses pembentukan senyawa asam dalam mulut. Sebaliknya, xylitol justru melindungi lapisan gigi dari serangan bakteri streptococcus mutans. Kandungan xylitol antara lain terdapat pada buah stroberi.

No comments:

Post a Comment

Spam comment will be deleted...!!