Tips Menghindari rambut bercabang

Rambut panjang banyak jadi dambaan wanita, maklum, rambut terurai masih dianggap ciri utama sosok wanita ideal yang cantik dan feminim. Tapi memanjangkan eambut berarti harus bersiap dengan bertambahnya kerepotan. Butuh perawatan ekstra agar rambut tetap indah dan sehat. Pasalnya kalau anda cuek, dipastikan berbagai masalah datang, mulai dari ketombe, kerontokan, hingga rambut bercabang.
Nah, maslaah terakhir yang disebut termasuk masalah paling klasik si rambut panjang. Lalu apa yang dimaksud rambut bercabang atau istilah kerennya trichoptilosis. Kondisi rambut disebut trichoptilosis ketika kutikula pelindung ujung rambut rusak, kerusakan ini seiring pertumbuhan rambut karena ujung rambut kekurangan minyak yang dihasilkan kelenjar minyak bawah kulit kepala.....

Alhasil, ujung rambut lebih kering dan rapuh, yang berujung dengan masalah bercabang. Selain itu, rambut bercabang juga bisa disebabkan pewarnaan dan udara kering. Meski begitu, jangan takut berambut panjang. Berikut tips-tips nya:

1.Sisir rambut sebelum mandi.

Jangan mencuci rambut dalam keadaan kusust. Sisir terlebih dahulu. Oleskan sampo ke sekitar kulit kepala dan kemudian turun perlahan menyusuri seluruh permukaan rambut. Lakukan perlahan dengan remasan lembut tanpa dikucek. Dan ingat, setelah selesai keramas, jangan menggulungnya di dalam handuk untuk mengeringkan.

2. Selalu gunakan kondisioner.

Sampo tidaklah cukup untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut anda. Pemakaian kondisioner bukan hanya membuat rambut lembut, tapi juga mencegah kerusakan penyebab rambut bercabang. Catatan khusus buat anda yang berjenis rambut berminyak. Oleskan kondisioner mulai sekitar kulit kepala. Sedangkan buat anda yang berjenis rambut normal cenderung berminyak disarankan mengoleskan kondisioner harian langsung ke bagian rambut menjurus ke ujung.

3. Jangan sisir rambut dalam keadaan basah.

Jujurlah, di pagi hari ketika terdesak waktu. Anda pastis ering menyisir rambut dalam keadaan basah. Mulai dari sekarang, hindarkan kebiasaan itu. Tapi anda diizinkan melakukannya kalau anda melakukan dua poin yang disebutkan di atas, karena otomatis rambut anda menjadji lebih lembut dan tak masalah kalau disisir dalam keadaan basah.

4. Perawatan mau dan minyak zaitun.

Campurkan satu sendok dengan 1/4 cangkir minyak zaitun. Tambahkan dua butir telur kuning telur ke dalam campuran tersebut. Oleskan perlahan ke rambut, lalu diamkan dalam sshower cap atau handuk hangat selama 45 menit. Bilas dan kemudian cuci rambut dengan sampo favorit anda.

5. Perawatan alpukat dan telur.

Campurkan setengah isi buah alpukat, satu butir telur dan 3 sendok makan kondisioner dalam mangkuk kecil. Oleskan perlahan ke rambut dan biarkan selama 15 - 20 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin. Kalau campuran yang anda buat masih tersisa. Anda bisa menyimpannya dalam kulkas smpai tujuh hari.

6. Perawatan jeruk dan pisang.

Campurkan dua butir telur dua ons jus jeruk dan setengah buah pisang. Oleskan perlahan ke rambut. Diamkan dalam shower cap atau handuk hangat selama 30 menit. Bilas dengan air dingin dan cuci rambut seperti biasa.

Selamat mencoba
(Kesehatan)

No comments:

Post a Comment

Spam comment will be deleted...!!